Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Saraf Manusia Kelas XI IPA di MAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Rodiyah, Rodiyah (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Saraf Manusia Kelas XI IPA di MAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKIRIPSI Rodiyah FIX Watermak.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu tantangan yang harus di hadapi pada abad 21. Namun pada kenyataannya banyak peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis tergolong rendah. Hasil observsi di MAN 3 Jember menunjukkan bahwa pada saat pembelajaran guru menerapkan metode ceramah dan penugasan, sehingga pada saat pembelajaran peserta didik cenderung pasif dan mengakibatkan kemampuan berpikir kritis lemah. Maka diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir krits peserta didik. Salah satunya model yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis model pembelajaran discovery learning terintegrasi nilai-nilai keislaman.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA sesudah dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem saraf Manusia Kelas XI IPA di MAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terintegrasi nilia-nilai keislaman terhadapkemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem saraf manusia kelas XI IPA MAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023
Penelitian ini penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment dengan bentuk penelitian Nonequivalent Group Posttest Only Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 58 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen diperoleh rata-rata 76.0000dengan standar devisiasi 11.12269 dan kelas kontrol diperoleh rata-rata 60.4828 dengan standar devisiasi 13.39142. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning terintegrasi nilai-nilai keislaman terhadap kemamuan berpikir kritis dengan nilai signifkan 0,001. Model pembelajaran discovery learning mampu mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Rodiyah Rodiyah Rodiyah
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:16
Last Modified: 22 Jun 2023 04:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24489

Actions (login required)

View Item View Item