PERAN PENYULUH PUSAT LAYANAN KELUARGA SAKINAH DALAM MEMBENTUK KELUARGA SEJAHTERA BAGI PASANGAN PASCA NIKAH DI KUA KECAMATAN SUMBERSARI JEMBER

RUSDIYANTO, SALMAN FARIS (2023) PERAN PENYULUH PUSAT LAYANAN KELUARGA SAKINAH DALAM MEMBENTUK KELUARGA SEJAHTERA BAGI PASANGAN PASCA NIKAH DI KUA KECAMATAN SUMBERSARI JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Salman Faris Rusdiyanto_D20173023-1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pemahaman dan kemampuan dalam memecahkan masalah sangat dibutuhkan pasangan suami istri dalam menjalani kehidupan pernikahan khususnya dalam membentuk keluarga sejahtera. Hal tersebut menjadi salah satu alasan pentingnya peran penyuluh melaksanakan tugasnya, memberi bimbingan dan penyuluhan dalam membentuk keluarga sejahtera bagi pasangan pasca nikah.
Penelitian ini berfokus pada dua hal yaitu: 1) Bagaimana peran penyuluh Pusat Layanan Keluarga Sakinah dalam membentuk keluarga sejahtera? 2) Apa saja masalah yang dihadapi penyuluh Pusat Layanan Keluarga Sakinah dalam membentuk keluarga sejahtera bagi pasangan pasca nikah di KUA Sumbersari Jember?
Penelitian bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan peran penyuluh Pusat Layanan Keluarga Sakinah, dan 2) Mendeskripsikan berbagai masalah yang dihadapi penyuluh Pusat Layanan Keluarga Sakinah dalam membentuk keluarga sejahtera bagi pasangan pasca nikah di KUA Sumbersari Jember.
Penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan datanya. Kemudian peneliti analisis menggunakan analisis model Miles dan Huberman untuk memperoleh hasil temuan tentang peran dan masalah penyuluh Pusat Layanan Keluarga Sakinah dalam membentuk keluarga sejahtera.
Simpulan penelitian ini: 1) Peran antara penyuluh fungsional ter-BimTek Pusat Layanan Keluarga Sakinah dan para penyuluh belum ter-BimTek dalam membentuk keluarga sejahtera bagi pasangan pasca nikah di KUA Sumbersari Jember tidak sama. Peran penyuluh ter-BimTek berwenang menjadi pemateri BERKAH dan konselor KOMPAK. Sedangkan para penyuluh lain yang belum di-BimTek berperan membantu acara bimbingan BERKAH, 2) Masalah yang dihadapi Penyuluh Pusat Layanan Keluarga Sakinah dalam membentuk keluarga sejahtera berasal dari eksternal penyuluh selaku konselor KOMPAK di KUA Sumbersari Jember seperti ketika membantu klien mengatasi masalahnya, ketika berkolaborasi, dan karakter klien yang intonasi bicaranya naik saat konseling.
Kata Kunci: Penyuluh, Pusat Layanan Keluarga Sakinah, keluarga sejahtera

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: SALMAN FARIS RUSDIYANTO
Date Deposited: 22 Jun 2023 09:27
Last Modified: 22 Jun 2023 09:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24496

Actions (login required)

View Item View Item