Upaya Konseling dan Pendampingan Perempuan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Kabupaten Jember

Ishak, Imron Maulana (2023) Upaya Konseling dan Pendampingan Perempuan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IMRON_MAULANA_ISHAK_-D20193076_BKI-.pdf

Download (3MB)

Abstract

Imron Maulana Ishak, 2023: Upaya Konseling dan Pendamping Perempuan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Konseling, Pendampingan, KDRT, UPTD PPA, Kabupaten Jember
Undang-Undang No.23 Tahun 2003 pasal 1 ayat 1 tentang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga dalam memperoleh perlindungan dari tindak kekerasan. Kemudian disusul oleh Peraturan Bupati (PERBUP) Kabupaten Jember Nomor 51 Tahun 2021 tentang nomenlaktur, susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja UPTD Kabupaten Jember, yang mana dalam peraturan tersebut terdapat UPTD PPA yang memiliki tugas untuk melindungi daan membantu perempuan dan anak yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga. dalam memberikan perlindungan dan bantuan kepada korban kekerasan salah satu layanan yang diberikan berupa konseling dan pendampingan.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana upaya konseling yang diberikan di UPTD PPA terhadap perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga di Kabupaten Jember? 2) Bagaimana upaya pendampingan yang diberikan di UPTD PPA terhadap perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga di Kabupaten Jember? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam upaya konseling terhadap perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga di UPTD PPA Kabupaten Jember.
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) mengetahui bagaimana upaya konseling yang diberikan kepada perempuan yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga di UPTD PPA Kabupaten Jember. 2) mengetahui bagaimana pendampingan yang diberikan kepada perempuan yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga di UPTD PPA Kabupaten Jember. 3) Mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam upaya konseling dan pendampingan perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga di UPTD PPA Kabupaten Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu obsevasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian analisis data.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa 1) proses pelaksanaan konseling di UPTD PPA terdiri dari 6 tahapan, yakni tahap eksplorasi masalah, tahap perumusan masalah, tehap identfikasi alternatif, tahap perencanaan, tahap tindakan serta tahap penilaian dan umpan balik; 2) pelaksanaan pendampingan terdiri dari 3 macam, yakni pendampingan di kepolisian, pendapingan visum dan pendampingan di pengadilan; 3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan konseling dan pendampingan sebagian besar memiliki kesamaan seperti koordinasi dan kolaborasi yang baik, profesionalisme dan pengalaman pendamping, kesamaan gender serta keberanian dan keinginan korban dalam melapor menjadi faktor pendukung. Sedangkan kesulitan menyesuaikan waktu, kurang dukungan dari keluarga, perbedaan kepribadian serta kurang komunikasi baik dengan korban maupun instansi yang lain menjadi faktor penghambat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Depositing User: Imron Maulana Ishak
Date Deposited: 22 Jun 2023 09:23
Last Modified: 22 Jun 2023 09:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24499

Actions (login required)

View Item View Item