Dampak Pembangunan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Terhadap Masyarakat Petani Yang Terkena Pembebasan Lahan Di Desa Muneng Kidul Kec.Sumberasih Kab.probolinggo

Fatima, Siti (2023) Dampak Pembangunan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Terhadap Masyarakat Petani Yang Terkena Pembebasan Lahan Di Desa Muneng Kidul Kec.Sumberasih Kab.probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Fatima_E20192256.pdf

Download (3MB)

Abstract

Siti Fatima, Hersa Farida Qoriani , M.E.I. 2022 : Dampak Pembangunan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Terhadap Masyarakat Petani Yang Terkena Pembebasan Lahan Di Desa Muneng Kidul Kec.Sumberasih Kab.Probolinggo.

Pembangunan adalah suatu proses perubahan yang bersifat terstruktur atau terencana. Setiap individu atau kelompok orang tertentu akan mengharapkan adanya perubahan kearah yang lebih baik bahkan sempurna dari pada kondisi sebelumnya. Untuk mewujudkan harapan ini tentunya harus mempunyai suatu perencanaan. Penelitian ini berada di Kota Probolinggo, sejalan dengan pertumbuhan populasi dan penggunaan lahan untuk pembangunan, Kota Probolinggo dibangun jalan tol guna untuk menjadi estafet antar Kota Utama di Jawa Timur yaitu Surabaya-Banyuwangi dan menjadi bagian Dari Jalan Tol Trans Jawa. Desa Muneng Kidul menjadi salah satu Desa yang terkena pembebasan lahan karena adanya pembangunan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo.
Fokus penelitian skripsi ini adalah : Pertama Bagaimana dampak positif dan terhadap ekonomi petani yang terkena pembebasan lahan di Desa Muneng Kidul Kidul Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo? Kedua Bagaimana dampak negatif dan terhadap ekonomi petani yang terkena pembebasan lahan di Desa Muneng Kidul Kidul Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Tujuannya untuk memberi gambaran secara lengkap, meringkas berbagai kondisi, situasi dan berbagai data yang telah dikumpulkan di lingkungan Desa Muneng Kidul. Subyek penelitian yang dipilih dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. . Metode analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Analisis ini dilakukan sebelum dan sesudah terjun langsung kelapangan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitiannya yang diperoleh menunjukkan bahwa pertama Dengan adanya pembangunan jalan tol Pasuruan-Probolinggo masyarakat mendapatkan dampak negatif dan positif dari pembangunan tersebut. Dampak negatif yang dirasakan masyarakat yaitu kerusakan infrastruktur jalan dan dampak positifnya yaitu terciptanya peluang usaha baru dan perekonomian masyarakat meningkat.

Kata Kunci: Pembangunan, Jalan Tol Paspro,Pembebasan Lahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Siti Fatima
Date Deposited: 22 Jun 2023 09:21
Last Modified: 22 Jun 2023 09:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24500

Actions (login required)

View Item View Item