PENGARUH METODE JEMBATAN KELEDAI TERHADAP DAYA INGAT ISTILAH NAMA LATIN PADA MATERI ANIMALIA KELAS X MIPA DI MAN 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023

Niyar Ana Qodariyah, Niyar Ana (2023) PENGARUH METODE JEMBATAN KELEDAI TERHADAP DAYA INGAT ISTILAH NAMA LATIN PADA MATERI ANIMALIA KELAS X MIPA DI MAN 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023. PENGARUH METODE JEMBATAN KELEDAI TERHADAP DAYA INGAT ISTILAH NAMA LATIN PADA MATERI ANIMALIA KELAS X MIPA DI MAN 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023. pp. 1-206. (Unpublished)

[img] Text
Skripsi _Niyar Ana Qodariyah digilib.pdf

Download (14MB)

Abstract

Metode pembelajaran dan daya ingat merupakan dua hal penting dalam memaksimalkan pemahaman materi pelajaran bagi siswa. Metode jembatan keledai atau metode mnemonik adalah suatu teknik yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan daya ingat siswa dalam memahami materi pelajaran yang sukar diingat. Penamaan latin merupakan bagian penting dalam biologi terutama pada ilmu taksonomi makhluk hidup yang bertujuan untuk memudahkan dalam mempelajari tentang anatomi dan morfologi makhluk hidup.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui gambaran daya ingat siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap istilah nama latin pada materi animalia sebelum pembelajaran. 2) Untuk mengetahui gambaran daya ingat siswa siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap istilah nama latin pada materi animalia sesudah pembelajaran. 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode jembatan keledai terhadap daya ingat istilah nama latin siswa pada materi animalia siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasy eksperimen dengan desain None-quivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA yang berjumlah 177 siswa. Teknik sampling menggunakan jenis Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 70 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes, serta teknik analisis data menggunakan uji mann whitney.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Kemampuan daya ingat istilah nama latin pada materi animalia antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum pembelajaran memiliki kemampuan daya ingat yang sama dilihat dari hasil nilai pretest kelas eksperimen yaitu nilai maximum 7 dan nilai minimum 1 dengan mean 4,20 dan standar deviasi 18,44, sedangkan pada kelas kontrol nilai maximum 7 dan nilai minimum 1 dengan mean 4,50 dan standar deviasi 1,723. 2) Kemampuan daya ingat istilah nama latin pada materi animalia setelah pembelajaran memiliki kemampuan daya ingat yang berbeda dilihat dari hasil nilai posttest kelas eskperimen yaitu nilai maximum 10 dan minimum 4 dengan mean 7,14 dan standat deviasi 1,785, sedangkan pada kelas kontrol nilai maximum 8 dan minimum 2 dengan mean 4,72 dan standar deviasi 2,052. 3) Penerapan metode jembatan keledai memberikan pengaruh peningkatan daya ingat istilah nama latin pada materi animalia antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol ditinjau dari perolehan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) posttest sebesar 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode jembatan keledai pada materi animalia memberikan pengaruh peningkatan daya ingat istilah nama latin antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Article
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060809 Vertebrate Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Niyar Ana Qodariyah
Date Deposited: 22 Jun 2023 09:31
Last Modified: 23 Oct 2024 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24501

Actions (login required)

View Item View Item