Penguatan Elemen Kunci Berakhlak Mulia dalam Kurikulum Merdeka melalui Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 2 Glagah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023

Hidayatullah, Syarif (2023) Penguatan Elemen Kunci Berakhlak Mulia dalam Kurikulum Merdeka melalui Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 2 Glagah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Syarif Sidang.fiks (4).pdf

Download (31MB)

Abstract

ABSTRAK

SYARIF HIDAYATULLAH, 2023: Penguatan Elemen Kunci Berakhlak Mulia Dalam Kurikulum MerdekaMelalui Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VII Di Smp Negeri 2 Glagah BanyuwangiTahun Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci :Akhlak Mulia, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam

Pengembangan pendidikan karakter melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5 merupakan salah satu keunikan kurikulum merdeka. P5 melibatkan pembelajaran lintas disiplin untuk mengamati dan mempertimbangkan cara untuk mengatasi masalah lingkungan. Strategi pembelajaran berbasis proyek (PBL) yang digunakan dalam P5 pada dasarnya berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek yang diintegrasikan ke dalam disiplin akademik.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Penguatan akhlak kepada alam dalam Kurikulum Merdeka melalui Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 2 Glagah Banyuwangi?, 2) Bagaimana penguatan akhlak bernegara dalam Kurikulum Merdeka melalui Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 2 Glagah Banyuwangi? Tujuan Penelitian : 1) Mendeskripsikan penguatan akhlak kepada alam dalam Kurikulum Merdeka melalui Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 2 Glagah Banyuwangi, 2) Mendeskripsikan penguatan akhlak bernegara dalam Kurikulum Merdeka melalui Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 2 Glagah Banyuwangi
Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokmentasi dan triangulasi dan teknik analisi data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yaitu Pengumpulan Data, Kondensasi Data, Penyajian Data dan Pengambilan Kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah:1) Melalui modul ajar elemen kunci akhlak memberi penguatan pemahaman terhadap akhlak kepada alam dan bernegara, peserta didik membuat produk yakni quote yang berhubungan dengan akhlak kepada alam dan bernegara, 2) Program Jum’at Cling memberi penguatan akhlak kepada alam yakni kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan kelas dan sekolah secara detail, 3) Jum’at sehat memberi penguatan akhlak kepada alam melalui salah satu kegiatan setelah senan yakni piket kelas serentak, 4) Melalui tata tertib siswa memberi penguatan pemahaman akhlak bernegara seperti kehadiran siswa, kewajiban siswa, larangan siswa, pakaian, hak-hak siswa dan lain-lain, 5) Organisasi intra sekolah (osis) memberi penguatan pemahaman akhlak bernegara melalui salah satu kegiatan yaitu musyawarah osis. 6) Upacara bendera hari senin memberi penguatan akhlak bernegara yang sangat kuat yaitu cinta tanah air dan mengormati jasa pahlawan yang telah gugur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Ms Syarif Hidayatullah
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:08
Last Modified: 22 Jun 2023 06:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24505

Actions (login required)

View Item View Item