Resiliensi Mahasiswa Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dari Keluarga Broken Home

Bin Agil, Suudiya Husin (2023) Resiliensi Mahasiswa Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dari Keluarga Broken Home. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SUUDIYA HUSIN BIN AGIL watermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

Suudiya Husin Bin Agil, 2023: Resiliensi Mahasiswa Fakultas Dakwah Universitas Islam Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dari Keluarga Broken Home

Kata Kunci: Resiliensi Mahasiswa, keluarga Broken Home

Beberapa problematika yang sering muncul dalam keluarga antara lain: problem ekonomi, pendidikan, status sosial, kasih sayang. Mahasiswa yang berasal dari keluarga Broken Home lebih rentan mengalami masalah akademis, masalah bersifat eksternal seperti kenakalan, masalah bersifat internal seperti depresi atau kecemasan. Namun, keluarga broken home tidak selalu memberikan dampak negatif terhadap anak, fenomena keluarga broken home dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan pshycological well being individu.
Fokus masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses tahapan resiliensi mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Fakultas Dakwah dari keluarga broken home? 2) Apa saja yang menjadi aspek resiliensi mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Fakultas Dakwah dari keluarga broken home?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses tahapan resiliensi mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Fakultas Dakwah dari keluarga broken home 2) Untuk mengetahui aspek resiliensi mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Fakultas Dakwah dari keluarga broken home.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Fakultas Dakwah Universitas Islam Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dari keluarga broken home memiliki resiliensi yang baik. Resiliensi yang baik tersebut bisa dilihat dari 1. Proses tahapan resiliensi yaitu mengalah (succumbing), kedua bertahan (survival), ketiga pemulihan (recovery), keempat berkembang pesat (thriving). 2. Aspek-aspek resiliensi adalah regulasi emosi, pengendalian impuls, optimisme, analisi penyebab masalah, empati, efikasi diri, dan reaching out.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170199 Psychology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: MAHASISWA SUUDIYA HUSIN B A BIN AGIL
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:42
Last Modified: 23 Jun 2023 03:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24506

Actions (login required)

View Item View Item