INTERNALISASI NILAI KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM MENCEGAH RADIKALISME PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS ISLAM JEMBER

MOCH. AFIF, ANSHORI (2022) INTERNALISASI NILAI KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM MENCEGAH RADIKALISME PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS ISLAM JEMBER. Masters thesis, uin kiai haji achmad siddiq.

[img] Text
MOCH. AFIF ANSHORI_213206030020.pdf

Download (8MB)

Abstract

Moch. Afif Anshori, S.Pd, 2023, Internalisasi Nilai Karakter Cinta Tanah Air dalam Mencegah Radikalisme Pada Mahasiswa Di Universitas Islam Jember. Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Kiai Haji Achmad Sidiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Abd. Muhith, S.Ag, M.Pd.I, Pembimbing II: Dr. H. Mas’ud, S.Ag,M.Pd.I

Kata Kunci: Internalisasi, Cinta Tanah Air, Radikalisme

Internalisasi nilai karakter cinta tanah air ada untuk menyatukan perbedaan dan semangat cinta tanah air agar bisa menyatukan semua golongan baik budaya, suku, adat,dan agama yang berbeda. Namun bermunculan peristiwa kekerasan dengan atas nama agama yang sering kali menjadi fenomena yang banyak muncul atau dikenal dengan istilah radikalisme di tanah air Indonesia. Menanggapi ancaman tersebut mahasiswa BEM UIJ didukung oleh mahasiswaan dan juga rektor mendeklarasikan kampus anti radikal dengan menyampaian bahwa deklarasi ini merupakat wujud dari kecintaan kepada tanah air. Karena bagi warga kampus UIJ yang berada di bawah naungan yayasan pendidikan Nahdatul Ulama, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan ideologi pancasila merupakan harga mati yang tidak bisa ditawar lagi.
Untuk menganalisis dan mendeskripsikan tahap internalisasi nilai-nilai karakter cinta tanah air dalam Mencegah Radikalisme di Universitas Islam Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati tentang Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Cinta Tanah Air Dalam Mencegah Radikalisme.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu nilai karakter cinta tanah air yang diwujudkan dalam bentuk aturan lembaga kampus berada di bawah naungan Yayasan Nahdatul Ulama, Visi misi kampus yang tidak hanya Ahlussunnah Wal Jama'ah An Nahdliyah, tetapi juga berkomitmen tinggi untuk menegakkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Penguatan cinta tanah air lewat PKKBM, seminar, dan mata kuliah umum, Pengaplikasian cinta tanah air lewat acara seremonial seperti kemerdekaan, hari santri, ngaji kebangsaan dan lain-lain, Menyanyikan lagu kebangsaan dan hubbul wathan di setiap acara atau kegiatan penting, Memasang foto presiden, wakil presiden, burung garuda, dan visi misi kampus dan jurusan di setiap ruang kelas, Mendeklarasikan UIJ sebagai kampus anti radikal Dengan adanya nilai karakter cinta tanah air yang sudah melekat dan secara terus menerus dikuatkan maka tidak ada ruang untuk adanya isu-isu radikal untuk tumbuh dan berkembang. Karena semua yang diaplikasikan dan dibiasakan di kampus UIJ berlawanan dengan ciri atau indikator radikalisme.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: moch afif anshori
Date Deposited: 22 Jun 2023 09:08
Last Modified: 22 Jun 2023 09:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24510

Actions (login required)

View Item View Item