ANALISIS PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PROGRAM GADUHAN KAMBING (Studi Kasus di Dusun Baban Desa Mulyorejo Kecamatan Silo Kabupaten Jember)

Samsul, Arifin (2023) ANALISIS PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PROGRAM GADUHAN KAMBING (Studi Kasus di Dusun Baban Desa Mulyorejo Kecamatan Silo Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
samsul wtr.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Samsul Arifin, Rini Puji Astuti, S.Kom., M.Si., 2022 : Analisis Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Program Gaduhan Kambing (Studi Kasus Di Dusun Baban Desa Mulyorejo Kecamatan Silo Kabupaten Jember.

Kata Kunci : Analisis Pengembangan, Ekonomi Masyarakat, Gaduhan Kambing.
Gaduhan merupakan sebuah sistem pemeliharaan hewan ternak, dimana pemilik hewan ternak tersebut mempercayakan pemeliharaan ternaknya kepada penggaduhan dengan imbalan bagi hasil. Kagiatan ini dilakukan oleh masyarakat Dusun Baban, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, dengan sistem gaduhan bagi hasil anakan secara bergantian.
Fokus penelitian ini ialah: 1) Bagaimana proses pengembangan perekonomian masyarakat melalui program gaduhan kambing di Dusun Baban, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember? 2) Bagaimana sistem bagi hasil pada program gaduhan kambing di Dusun Baban, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini ialah: 1) Untuk mengetahui proses pengembangan perekonomian masyarakat melalui program gaduhan kambing di Dusun Baban, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember? 2) Untuk mengetahui sistem bagi hasil pada program gaduhan kambing di Dusun Baban, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember.
Penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini yaitu penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive yaitu pertimbangan dalam memilih informan yang di anggap mengetahui informasi terkait permasalahan yang akan diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Penerapan prinsip bagi hasil usaha gaduhan kambing di Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember bisa dikatakan termasuk dalam akad mudharabah, karena dibagi secara merata diantara kedua belah atas dasar kerelaan masing-masing pihak. 2) Kondisi pendapatan masyarakat Desa Mulyorejo sebelum menjalankan sistem gaduhan sangat jauh dari cukup untuk menghidupi keluarganya. 3) Penanggungan resiko tidak sesuai dengan akad mudharabah, karena beban resiko ditanggung sendiri oleh pemelihara (yang seharusnya ditanggung oleh pemilik modal selama bukan dari kelalaian pemelihara).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Skripsi Perpustakaan UIN khas Samsul arifin
Date Deposited: 22 Jun 2023 08:48
Last Modified: 22 Jun 2023 08:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24519

Actions (login required)

View Item View Item