ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO KREDIT PADA PEMBIAYAAN UMKM DALAM MEMINIMALISIR PEMBIAYAAN BERMASALAH ( Studi Kasus di PT. Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember)

Supriyanto, Ahsan (2023) ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO KREDIT PADA PEMBIAYAAN UMKM DALAM MEMINIMALISIR PEMBIAYAAN BERMASALAH ( Studi Kasus di PT. Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember). Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI AHSAN SUPRIYANTO, E20181153.pdf

Download (9MB)

Abstract

Ahsan Supriyanto, Agung Parmono,S.E, M.Si 2023 : Analisis Penerapan Manajemen Risiko Kredit Pada Pembiayaan Umkm Dalam Meminimalisir Pembiayaan Bermasalah ( Studi Kasus di PT. Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember).
Bank adalah sebagai badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dalam menyalurkan dana kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan bank tidak terlepas dari pembiayaan bermasalah yang mana bank harus menerapkan manajemen risiko kredit dengan baik.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Apa saja faktor-faktor pembiayaan bermasalah pada pembiayaan UMKM di PT Bank BPRS Bhakti Sumekar cabang Jember ? 2) Bagaimana Penerapan manajemen risiko kredit pada pembiayaan UMKM di PT Bank BPRS Bhakti Sumekar cabang Jember dalam meminimalisir pembiayaan bermasalah ?.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan Apa saja faktor-faktor pembiayaan bermasalah dan Penerapan manajemen risiko kredit pada pembiayaan UMKM di PT Bank BPRS Bhakti Sumekar cabang Jember dalam meminimalisir pembiayaan bermasalah.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan teknik penelitian Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus, untuk menganalisis proses penerapan manajamen risiko dalam pembiayaan UMKM di PT BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember. Adapun teknik pengumpulan data ialah dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Adapun faktor-faktor terjadinya pembiayaan bermasalah yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu kurang cermatnya Account officer (marketing) dalam menganalisis 7P, salah dalam analisa sebelum pengambilan pembiayaan, , 2) Adapun penerapan manajemen risiko dalam upaya mencegah pembiayaan bermasalah pada PT. BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember yaitu terdapat dalam setiap tindakan dimulai dari sebelum pembiayaan terjadi hinggapembiayaan selesai.
Adapun langkah-langkahnya yaitu identifikasi risiko dengan cara melakukan analisis 7P dan memeriksa kelengkapan dokumen, pengukuran risiko dengan cara mengkategorikan pembiayaan, pemantauan risiko dengan cara rutin mengunjungi nasabah untuk pemantauan secara langsung serta selalu mengingatkan nasabah akan tanggal jatuh tempo, dan langkah terakhir yaitu pengendalian risiko dengan cara persuasive atau musyawarah, penjadwalan kembali (reschedulling), persyaratan kembali (reconditioning), penataan kembali (restrucuting) serta penarikan jaminan.
Kata Kunci: Manajemen Risiko Kredit, Pembiayaan Bermasalah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Ahsan Supriyanto
Date Deposited: 22 Jun 2023 08:47
Last Modified: 22 Jun 2023 08:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24521

Actions (login required)

View Item View Item