Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Jelbuk

Cahyati, Fadilah Dwi (2023) Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Jelbuk. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FADILAH DWI CAHYATI_T20193034.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan belajar mengajar yang merupakan kegiatan yang paling pokok dalam proses pembelajaran di sekolah. Permasalahan yang seringkali langsung dialami oleh guru ialah berkaitan dengan manajemen kelas. Keberhasilan kegiatan belajar mengajar sangat bergantung pada kemampuan guru dalam mengelola kelas dikarenakan kelas adalah lingkungan belajar yang merupakan bagian dari lingkungan sekolah yang perlu diorganisasikan. Pada umumnya, semua yang ada di dalam kelas memiliki dampak terhadap kondisi kelas dan juga motivasi belajar siswa. Jika tata ruang kelas berantakan, suasana hati peserta didik juga kurang baik dan dapat mengakibatkan buyarnya konsentrasi belajar peserta didik, begitu pula sebaliknya.
Penelitian ini mempunyai fokus penelitian, 1) bagaimana perencanaan implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Jelbuk?. 2) Bagaimana proses implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Jelbuk?. 3) bagaimana hasil implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Jelbuk?. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan perencanaan implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Jelbuk. 2) Mendeskripsikan proses implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Jelbuk. 3) Mendeskripsikan hasil implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Jelbuk.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini yaitu 1) perencanaan implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Jelbuk sudah dilakukan dengan matang dan sebaik mungkin dengan memperhatikan beberapa hal yakni: pertama merencanakan suasana atau iklim kelas dengan membuat strategi pengajaran agar suasana kelas menjadi kondusif dan nyaman, kedua merencanakan pengaturan ruang kelas dengan mengatur sarana dan prasarana kelas, tempat duduk maupun administrasi kelas, ketiga menyusun rencana interaksi belajar mengajar agar tidak hanya guru yang mendominasi kelas. 2) Proses implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Jelbuk dilakukan sesuai dengan program perencanaan diantaranya usaha guru dalam menciptakan iklim kelas, mengatur ruang kelas, dan mengelola interaksi belajar mengajar. 3) hasil implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Jelbuk menunjukkan bahwa adanya peningkatan terhadap motivasi belajar siswa. Siswa yang memiliki motivasi tinggi dapat dilihat dari adanya hasrat dan keinginan berhasil dalam belajar, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita di masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, adanya lingkungan belajar yang kondusif sehingga memungkinkan siswa dapat belajar dengan baik.

Kata Kunci: Implementasi Manajemen Kelas, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Fadilah Dwi Cahyati
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:22
Last Modified: 23 Jun 2023 03:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24537

Actions (login required)

View Item View Item