Analisis maqashid syariah pada praktek arisan berbasis budaya lokal di desa mumbulsari kecamatan mumbulsari kabupaten jember

Susanti, Erni (2023) Analisis maqashid syariah pada praktek arisan berbasis budaya lokal di desa mumbulsari kecamatan mumbulsari kabupaten jember. Undergraduate thesis, Uin KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Erni Susanti_E20172065.pdf

Download (40MB)

Abstract

ABSTRAK
Erni Susanti, Dr. Abdul Rokhim. S. Ag., M.E.I, 2023: Analisis Maqashid Syariah Pada Praktek Arisan Berbasis Budaya Lokal Di Desa Mumbulsari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember.
Arisan adalah budaya yang biasa di Indonesia dan juga dipraktekkan di negeri-negeri kaum muslimin di berbagai belahan dunia. Arisan secara umum termasuk muamalah dimana hukumnya dikembalikan kepada hukum asal muamalah, yaitu boleh. Menurut Syaikh Ibnu Utsaimin dan Syaikh Abdullah bin Abdul Aziz Al Jibrin, arisan hukumnya boleh, karena merupakan salah satu cara untuk mendapatkan modal dan beliau mengisyaratkan bahwa arisan diperbolehkan karena arisan memberi dampak positif yang berupa pemenuhan hajat seseorang yang membutuhkan dan mengumpulkan uang yang terbebas dari riba.
Fokus penelitian ini: 1) Bagaimana praktek arisan berbasis budaya lokal di Desa Mumbulsari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember?. 2) Bagaimana analisis maqashid syariah pada praktek arisan berbasis budaya lokal di desa Mumbulsari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember?.
Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui Praktik Arisan berbasis budaya lokal di Desa Mumbulsari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember: 2) Untuk mengetahui Pandangan Hukum Islam Tentang Arisan berbasis budaya lokal di Desa Mumbulsari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian lapangan (Field Research). Adapun lokasi yang dijadikan sebagai tempat penelitian adalah di Desa Mumbulsari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Subjek penelitian menggunakan Teknik Purposive. Teknik pengumpulan data sebagaimana Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Analisis data penyajian data, dan verification/penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: Dengan adanya kegiatan arisan bisa membantu saudara kita yang sedang kesusahan atau yang sedang membutuhkn uang untuk keberlangsungan hidupnya. Sebagaimana total uang yang didapatkan Rp. 1.500.000, sesuai dengan banyaknya jumlah iuran anggota. Tetapi, uang arisan ini dipotong per orang Rp.5000, untuk biaya konsumsi pemain pencak silat dan pemukul alat-alat musik. Hal ini telah disepakati oleh para anggota arisan sejak saat pertama kali dimulainya arisan. Jadi total uang yang didapatkan Rp. 1.250.000. Motivasi masyarakat ikut serta dalam kegiatan arisan ini yaitu sebagai sarana untuk bersilaturrahmi karena lewat kegiatan arisan seseorang bisa lebih saling mengenal satu sama lain, yang tentunya membuat mereka lebih akrab dengan sesama peserta arisan.
Kata kunci : Maqasid Syariah, Arisan Dan Budaya Lokal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140203 Economic History
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs perpustakaan uin khas jember
Date Deposited: 26 Jun 2023 00:48
Last Modified: 26 Jun 2023 00:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24547

Actions (login required)

View Item View Item