Manajemen Risiko Kredit Produk Multiguna pada Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Kantor Cabang Pembantu Babat

islamiyah, firda fahmul (2023) Manajemen Risiko Kredit Produk Multiguna pada Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Kantor Cabang Pembantu Babat. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi lengkap WATERMAX.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bank Jatim merupakan salah satu Bank Pembangunan Daerah yang mempunyai tujuan mensejahterakan masyarakat Jawa Timur. Seperti halnya bank-bank lain, Bank Jatim juga menawarkan berbagai macam produk dan layanan perbankan. Diantara produk yang ditawarkan adalah Kredit Multiguna. Kredit Multiguna merupakan salah satu pilihan kredit konsumtif yang ditawarkan oleh Bank Jatim. Dalam menjalankan produknya, Bank Jatim tidak lepas dari risiko. Oleh karena itu manajemen risiko diperlukan khususnya di Bank Jatim Kantor Cabang Pembantu Babat dan diharapkan dapat meminimalisir risiko yang terjadi pada penyaluran Kredit Multiguna dengan prosedur dan sistematika yang jelas dan baik.
Fokus dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana praktik penyaluran kredit multiguna pada Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Kantor Cabang Pembantu Babat? ; 2) Bagaimana penerapan manajemen risiko kredit dalam mengatasi kredit macet yang timbul dari pemberian kredit multiguna paa Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Kantor Cabang Pembantu Babat?
Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui praktik penyaluran kredit multiguna pada Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Kantor Cabang Pembantu Babat. ; 2) Untuk mengetahui penerapan manajemen risiko kredit dalam mengatasi kredit macet yang timbul dari pemberian kredit multiguna pada Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Kantoe Cabang Pembantu Babat.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : 1) Penyaluran kredit multiguna pada Bank Jatim Kantor Cabang Pembantu babat melalui beberapa tahap, diantaranya yaitu: tahap permohonan kredit, tahap verifikasi kredit, tahap realisasi kredit, dan tahap pencairan dan pelunasan kredit. 2) Manajemen risiko kredit yang diterapkan oleh Bank Jatim Kantor cabang Pembantu Babat dalam mengatasi kredit macet yang timbul dari pemberian kredit multiguna juga melalui beberapa tahap, yaitu tahap identifikasi risiko, tahap terjadinya risiko, tahap mengelola risiko, dan tahap meminimalisir risiko.

Kata kunci : Manajemen Risiko Kredit, Kredit Multiguna

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Firda fahmul Islamiyah
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:25
Last Modified: 23 Jun 2023 03:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24557

Actions (login required)

View Item View Item