Analisis Eksternalitas Pada Usaha Pertambangan Emas Oleh PT BSI Di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi

Inggar Wardani, Riska (2023) Analisis Eksternalitas Pada Usaha Pertambangan Emas Oleh PT BSI Di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RISKA INGGAR WARDANI WATERMARK.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Riska Inggar Wardani, Dr. Khairunnisa Musari, S.T., M.MT. 2023: Analisis Eksternalitas Pada Usaha Pertambagan Emas PT BSI Di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi.

Dampak dari tindakan seseorang atau orang lain pada kesejahteraan atau kondisi orang lain dikenal sebagai eksternalitas. Eksternalitas negatif terjadi ketika ada dampak negatif. Di sisi lain, eksternalitas positif adalah eksternalitas yang terjadi ketika dampak positif. Keluhan tentang dampak negatif tambang emas masyarakat PT BSI sering muncul. Namun demikian, pertambangan emas PT BSI juga berdampak positif bagi masyarakat.
Fokus penelitian ini adalah (1). Eksternalitas apa yang dibawa oleh perusahaan tambang emas PT BSI di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi kepada masyarakat? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mendeskripsikan dampak yang ditimbulkan oleh emas PT BSI di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi memiliki masyarakat sekitar
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan menggunakan data dan informasi dari berbagai sumber yang berbeda.
Berdasarkan pengamatan di lapangan, perusahaan tambang emas PT BSI memiliki eksternalitas positif dan negatif, antara lain manfaat dari kesempatan kerja yang diberikan oleh pertambangan, meningkatkan usaha kecil, memberikan program CSR PT BSI kepada masyarakat, memiliki penghasilan tetap, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan dampak negatif pertambangan PT BSI meningkatkan konsumsi masyarakat, perilaku masyarakat menjadi lebih individualis, terjadinya kekeringan, penurunan kualitas udara, menghalangi lalu lintas di jalan umum, dan konflik.

Kata Kunci: Eksternalitas, Pertambangan, Emas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140214 Public Economics- Publically Provided Goods
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140215 Public Economics- Taxation and Revenue
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Riska Inggar Wardani
Date Deposited: 26 Jun 2023 00:58
Last Modified: 26 Jun 2023 00:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24567

Actions (login required)

View Item View Item