Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Impulsive Buying Pada Santri PP. Nurul Hidayah

Maurika, Nandia Zahrok Mauriks (2023) Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Impulsive Buying Pada Santri PP. Nurul Hidayah. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NANDIA ZAHROK MAURIKA_D20195065.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nandia Zahrok Maurika, 2023: Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Impulsive Buying Pada Santri PP. Nurul Hidayah.

Kata Kunci: Kontrol Diri, Impulsive Buying, Santri.

Kontrol diri merupakan kemampuan individu dalam memodifikasi perilaku, mengelola informasi, dan kemampuan dalam memilih suatu tindakan. Seseorang yang memiliki kontrol diri yang baik akan dapat mencegah atau menghindari perilaku negatif khususnya pada perilaku impulsive buying. Perilaku impulsive buying memberikan dampak negatif bagi seseorang yang sering melakukan pembelian impulsif. Dampak negatif yang timbul adalah perasaan kecewa, mengalami pemborosan keuangan, dan perasaan bersalah serta menyesal setelah membeli produk.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kontrol diri dengan impulsive buying pada santri PP. Nurul Hidayah?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan impulsive buying pada santri PP. Nurul Hidayah. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian sebanyak 62 santri sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Karena sample di bawah 100, maka teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner yang didalamnya berisi tentang skala kontrol diri dan skala impulsive buying. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan korelasi pearson product moment.
Hasil analisis data yang menggunakan pearson product moment menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kontrol diri dengan impulsive buying. Oleh karena itu, Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian dilihat dari pearson correlation menunjukkan nilai -0,675. Berdasarkan pedoman tingkat korelasi, maka kontrol diri dan impulsive buying memiliki korelasi yang kuat dan masuk dalam kategori rentang 0,61-0,80. Hasil nilai pearson correlation bersifat negatif yang berarti semakin rendah tingkat kontrol diri pada santri, maka semakin tinggi tingkat impulsive buying yang dimiliki oleh santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Depositing User: Ms Nandia Zahrok Maurika
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:01
Last Modified: 26 Jun 2023 01:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24570

Actions (login required)

View Item View Item