Penentuan Harga pokok Produk Dengan Metode Full Costing Pada UMKM Kue Talam Desa Kaliwining Kabupaten Jember

Faris Habibullah, Athfal (2023) Penentuan Harga pokok Produk Dengan Metode Full Costing Pada UMKM Kue Talam Desa Kaliwining Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi Athfal Hbbllh final watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Athfal Faris Habibullah, Luluk Musfiroh, M. Ak, 2023: Penentuan Harga Pokok Produk Dengan Metode Full Costing Pada UMKM Kue Talam Desa Kaliwining Kabupaten Jember
Kata Kunci: Harga Pokok Produk, UMKM, Full Costing
UMKM Kue Talam belum menerapkan analisis metode full costing dalam menghitung harga pokok produknya. UMKM Kue Talam belum memasukan semua unsur-unsur biaya yang dikeluarkan secara rinci ke dalam biaya produksi. Pentingnya melakukan perhitungan terhadap harga pokok produk oleh setiap perusahaan agar supaya perusahaan dapat mengetahui besaran biaya produksi yang hendak dikeluarkan saat akan memproduksi suatu barang atau jasa.
Fokus penelitian adalah 1) Bagaimana perhitungan harga pokok produk yang diterapkan oleh UMKM Kue Talam? 2) Bagaimana perbandingan perhitungan harga pokok produk menggunakan metode full costing dengan perhitungan harga pokok produk yang diterapkan oleh UMKM Kue Talam?
Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana perhitungan harga pokok produk yang diterapkan oleh UMKM Kue Talam. 2) Untuk mengetahui perbandingan harga pokok produk dengan menggunakan metode full costing dan metode yang diterapkan oleh UMKM.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif secara full costing yaitu mendeskripsikan data-data yang telah diperoleh saat melakukan penelitian atau pengamatan pada UMKM Kue Talam.
Kesimpulan penelitian ini yaitu perhitungan harga pokok produk yang diterapkan oleh UMKM Kue Talam sangat sederhana serta belum menerapkan perhitungan harga pokok produk dengan metode full costing. Terdapat perbedaan harga pokok produk menurut UMKM dengan metode full costing. Harga pokok produk menurut UMKM sebesar Rp1.460 sedangkan harga pokok produk dengan metode full costing sebesar Rp1.635 sehingga terdapat selisih sebesar Rp175. Hal ini disebabkan karena pada penentuan harga pokok produk yang diterapkan oleh UMKM masih belum sepenuhnya memasukan semua unsur-unsur biaya kedalam biaya produksi seperti biaya pembelian plastik mika, biaya pembelian isi staples kecil, biaya listrik, biaya gas, dan biaya penyusutan peralatan. Berbeda dengan metode full costing pada metode ini semua unsur biaya dihitung dalam biaya produksi secara rinci.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Depositing User: athfal faris habibullah
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:06
Last Modified: 26 Jun 2023 01:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24577

Actions (login required)

View Item View Item