PENGEMBANGAN ALAT PERAGA VOUCHER BELANJA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH I SUNAN AMPEL JEMBER

Audina, Bela (2023) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA VOUCHER BELANJA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH I SUNAN AMPEL JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Bela Audina T20194097 skripsi watermark.pdf

Download (11MB)

Abstract

Bela Audina, 2023. Pengembangan Alat Peraga Voucher Belanja pada Pembelajaran Matematika Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Jember.

Kata Kunci : Alat Peraga Voucher Belanja, Pembelajaran Matematika

Pengembangan alat peraga perlu dilakukan karena dengan menggunakan alat peraga dapat membantu guru menyampaikan materi pembelajaran. Selain itu dengan menggunakan alat peraga dapat memberikan ruang bagi siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti mengembangkan suatu alat peraga pembelajaran matematika dengan diberi nama "alat peraga voucher belanja".
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1). Bagaimana proses pengembangan alat peraga voucher belanja pada pembelajaran matematika kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Jember?, 2). Bagaimana kelayakan alat peraga voucher belanja pada pembelajaran matematika kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Jember?, 3). Bagaimana kepraktisan alat peraga voucher belanja pada pembelajaran matematika kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Jember?, 4). Bagaimana keefektifan alat peraga voucher belanja pada pembelajaran matematika kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Jember?.
Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan alat peraga voucher belanja pada pembelajaran matematika kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Jember, 2) untuk mendeskripsikan kelayakan alat peraga voucher belanja pada pembelajaran matematika kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Jember, 3) untuk mendeskripsikan kepraktisan alat peraga voucher belanja pada pembelajaran matematika kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Jember, 4) untuk mendeskripsikan keefektifan alat peraga voucher belanja pada pembelajaran matematika kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Jember.
Jenis penelitian yang akan digunakan adalah Research and Development (RnD). Adapun model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan desain Borg & Gall yang terdapat sepuluh langkah penelitian, namun peneliti hanya menggunakan tujuh langkah penelitian dikarenakan mengingat waktu yang tersedia dan biaya yang terbatas. Langkah-langkah penelitian ini yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Produk, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk.
Hasil uji coba validasi ahli materi menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 94% dan kevalidan ahli media/alat peraga menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 82% dengan kategori valid dan layak digunakan. Sedangkan hasil koesioner tanggapan kelompok kecil terhadap alat peraga menunjukkan nilai persentase 97,2%, kemudian koesioner tanggapan kelompok besar terhadap alat peraga menunjukkan nilai persentase 90% untuk tanggapan guru dan nilai persentase 91,21%, sehingga dapat di kategori sangat praktis. Kemudian pada penilaian hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan alat peraga voucher belanja menunjukkan skor 70% dan setelah menggunakan alat peraga voucher belanja menunjukkan skor 87,5%, mengalami kenaikan sebesar 17,5% dengan kategori sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat peraga yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Skripsi Bela Audina
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:19
Last Modified: 26 Jun 2023 01:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24582

Actions (login required)

View Item View Item