تطوير المعجم ”البشرى“ إلى متعدد اللغات (العربي، الإندونيسي، الجاوي) لترقية استيعاب المفردات بالتطبيق على متخصص اللغة العربية في معهد دار السلام بلوك أكونج بايوانجي

Tohir, muhammad sofanudin (2023) تطوير المعجم ”البشرى“ إلى متعدد اللغات (العربي، الإندونيسي، الجاوي) لترقية استيعاب المفردات بالتطبيق على متخصص اللغة العربية في معهد دار السلام بلوك أكونج بايوانجي. Masters thesis, UIN KH Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
muhammad sofanudin tohir_203206020012.pdf

Download (7MB)

Abstract

Abstrak
Muhammad Sofanudin Tohir. 2023. Pengembangan Kamus “Al Busyro” Ke dalam Tiga Bahasa (Arab, Indonesia, Jawa) untuk meningkatkan penguasaan kosakata Pada Peserta Kursus Bahasa Arab Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Banyuwangi. Program Pendidikan Magister Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Kiai Ahmad Shiddiq Jember. Dosen Pembimbing I: Dr. H. Syamsul Anam, S.Ag, M.Pd. Pembimbing II: Dr. H. Faishol Nasar Bin Madi, M.A.

Bahwa dalam pembelajaran kosakata perlu adanya kamus untuk menunjang kemampuan dalam meningkatkan dan menguasainya. Nyatanya, banyak peserta kursus bahasa Arab di Darussalam yang merasa kesulitan dalam menghafal dan menguasai kosakata, sehingga peneliti mengembangkan kamus tiga bahasa untuk memudahkan peserta kursus dalam meningkatkan kosakata dengan baik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan kamus “Al-Busyro” ke dalam tiga bahasa (Arab, Indonesia, Jawa) untuk meningkatkan pemahaman kosakata. 2) Sejauh mana kelayakan kamus “Al-Busyro” ke dalam tiga bahasa (Arab, Indonesia, Jawa) untuk meningkatkan pemahaman kosakata? 3) Seberapa efektif pengembangan kamus “Al-Busyro” ke dalam tiga bahasa (Arab, Indonesia, Jawa) untuk meningkatkan pemahaman kosakata pada peserta kursus bahasa Arab di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan kamus “Al-Busyro” ke dalam tiga bahasa (Arab, Indonesia, Jawa) untuk meningkatkan pemahaman kosakata. 2) Untuk mengetahui kelayakan kamus “Al-Busyro” ke dalam tiga bahasa (Arab, Indonesia, Jawa) untuk meningkatkan pemahaman kosakata. 3) Untuk mengetahui keefektifan pengembangan kamus “Al-Busyro” ke dalam tiga bahasa (Arab, Indonesia, Jawa) untuk meningkatkan pemahaman kosakata pada pesertakursus bahasa Arab di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi.
Peneliti menggunakan model penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Adapun data yang digunakan ada dua jenis yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan tes. populasi dalam penelitian ini adalah peserta kursus Arab Darussalam dengan sampel 30 partisipan.
Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah: Pengembangan kamus menggunakan Microsoft Word dengan kertas standar A6 dan menggunakan Photoshop dan CorelDraw pada komputer untuk desain cover yang menarik. Penggunaan kamus ini berdasarkan kriteria penilaiannya memperoleh predikat “sangat baik” dengan hasil pemeriksaan ahli media 87,4% dan ahli mata pelajaran dan bahasa 75%. Skor keefektifannya 2,718 <(7,3)>1,796. Peneliti menyimpulkan bahwa t hitung lebih besar 7,3 dari nilai t tabel. Tingkat signifikansi 5% (0,05) untuk 14 derajat kebebasan menunjukkan angka 1,796 pada tingkat signifikansi 1% (0,01) menunjukkan angka 2,718. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis sebelumnya diterima. Oleh karena itu, hasil ini menunjukkan bahwa kamus tiga bahasa yang dikembangkan oleh peneliti efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata.
Kata Kunci : Pengembangan Kamus, Tiga Bahasa, Kosakata

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200305 Latin and Classical Greek Languages
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200317 Other Asian Languages (excl. South-East Asian)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200323 Translation and Interpretation Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: muhammad sofanudin tohir
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:50
Last Modified: 26 Jun 2023 03:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24584

Actions (login required)

View Item View Item