Efektivitas Penggunaan QRIS Aplikasi Mobile Banking BSI Oleh UMKM Binaan Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada

Astutik, Triyani Febry (2023) Efektivitas Penggunaan QRIS Aplikasi Mobile Banking BSI Oleh UMKM Binaan Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
E20191112_TRIYANI FEBRY ASTUTIK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Triyani Febry Astutik, Dr. Nikmatu Maruroh, S.H.I, M.E.I. 2023: Efektivitas Penggunaan QRIS Aplikasi Mobile Banking BSI Oleh UMKM Binaan Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada
Kata Kunci: Efektivitas, QRIS, Mobile Banking, UMKM.
Penggunaan sistem pembayaran yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia bersama pemerintah sejak tahun 2019 lalu bernama QRIS merupakan sistem pembayaran non tunai yang terus menerus dikembangkan dan disebarluaskan utamanya kepada para UMKM dengan tujuan dapat menciptakan pembayaran yang efektif baik dari sudut pandang UMKM maupun konsumen, karena dapat mengurangi resiko yang dapat terjadi saat pembayaran tunai.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana praktik penggunaan QRIS pada aplikasi mobile banking oleh UMKM binaan BSI KCP Jember Gajah Mada? 2) Bagaimana efektivitas penggunaan QRIS aplikasi mobile banking oleh UMKM binaan BSI KCP Jember Gajah Mada?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui praktik penggunaan QRIS pada aplikasi mobile banking oleh UMKM binaan BSI KCP Jember Gajah Mada. 2) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan QRIS aplikasi mobile banking oleh UMKM binaan BSI KCP Jember Gajah Mada.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan pada Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada yang bertempat di Kota Jember Kecamatan Kaliwates. Pelaksanaan penelitian ini berlangsung selama 5 minggu yang dimulai pada minggu pertama Januari hingga minggu pertama Februari tahun 2023. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan 1) Praktik penggunaan QRIS pada aplikasi mobile banking oleh UMKM binaan BSI KCP Jember Gajah Mada, diawali dengan memberikan sosialisasi kepada setiap UMKM binaan BSI KCP Jember Gajah Mada untuk turut serta menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran guna mempermudah transaksi pembayaran, setelah itu UMKM dapat mendaftarkan usaha mereka kepada BSI dan barcode akan keluar maksimal 3 hari setelah pendaftaran dan setelah itu barcode dapat digunakan oleh bertransaksi. 2) Efektivitas penggunaan QRIS aplikasi mobile banking untuk UMKM binaan BSI KCP Jember Gajah Mada mengacu pada ukuran efektivitas yang diungkapkan oleh Edy Sutrisno yang semuanya terpenuhi, terdapat 6 indikator yaitu di antaranya: pemahaman program, prestasi kerja, tepat sasaran, tepat waktu, pencapaian tujuan, perubahan nyata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: MS TRIYANI FEBRY ASTUTIK
Date Deposited: 26 Jun 2023 07:29
Last Modified: 26 Jun 2023 07:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24590

Actions (login required)

View Item View Item