Implementasi Program Takhassus 10 Juz Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Insan Cendekia Kalibaru Banyuwangi.

Febrianti, Nanik (2023) Implementasi Program Takhassus 10 Juz Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Insan Cendekia Kalibaru Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NANIK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nanik Febrianti, 2023: Implementasi Program Takhassus 10 Juz Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Insan Cendekia Kalibaru Banyuwangi
Kata kunci : Implementasi Program Takhassus 10 Juz.

Program takhassus Al-Qur’an 10 juz, merupakan salah satu program unggulan yang diselenggarakan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Insan Cendekia Kalibaru Banyuwangi yaitu diperuntukkan bagi siswa-siswi yang memiliki potensi menghafal Al-Qur’an agar lebih mendalami dalam bidang menghafal Al-Qur’an. Kesepakatan orang tua menjadi hal yang sangat penting karena penataan kelas ini sangat berbeda dengan kelas menghafal seperti biasanya.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Program Takhassus 10 juz di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Insan Cendekia Kalibaru Banyuwangi?. 2) Bagaimana Pelaksanaan Program Takhassus 10 juz di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Insan Cendekia Kalibaru Banyuwangi?. 3) Bagaimana Evaluasi Program Takhassus 10 juz di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Insan Cendekia Kalibaru Banyuwangi?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Bagaimana Perencanaan Program Takhassus 10 juz di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Insan Cendekia Kalibaru Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan Bagaimana Pelaksanaan Program Takhassus 10 juz di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Insan Cendekia Kalibaru Banyuwangi. 3) Mendeskripsikan Bagaimana Evaluasi Program Takhassus 10 juz di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Insan Cendekia Kalibaru Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan melakukan: Kondensasi data, Penyajian data, kesimpulan, penarikan data/verifikasi. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah Dari hasil observasi yang peneliti lakukan dalam implementasi yang mencakup perencanaan program Takhassus 10 Juz di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Insan Cendekia Kalibaru Banyuwangi yaitu kepala sekolah, para guru, dan wali murid melakukan rapat tahunan serta mensosialisasikan kegiatan sehari-hari yang dilakukan para siswa dan menjelaskan target hafalan para siswa, pelakasanaan program takhassus 10 juz di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Islam Cendekia Kalibaru Banyuwangi yaitu dengan kegiatan Muroja’ah setiap hari. Semua santri membaca doa pembuka mengaji, kemudian siswa-siswi diwajibkan memuroja’ah hafalan Al-Qur’an yang sudah dihafalkan kemudian siswa-siswi menyetorkan hafalannya 1 lembar setiap harinya, dalam pelakasanaan program takhassus 10 juz di Sekolah yaitu, para guru dan wali kelas melakukan rekapan data tentang hasil dari hafalan siswa. Melakukan beberapa pendekatan dengan langsung menananyakan kepada siswa dan memberikan semangat kepada para siswa yang berhasil maupun yang tertinggal dalam hafalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nanik Febrianti
Date Deposited: 26 Jun 2023 00:34
Last Modified: 26 Jun 2023 00:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24593

Actions (login required)

View Item View Item