STRATEGI BAURAN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MEMOTIVASI WALI SANTRI MEMILIH PONDOK PESANTREN TARBIYATUL MU'ALLIMIN AL-ISLAMIYAH (TMI) AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP

NEILY SHOFIA, ARDY (2023) STRATEGI BAURAN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MEMOTIVASI WALI SANTRI MEMILIH PONDOK PESANTREN TARBIYATUL MU'ALLIMIN AL-ISLAMIYAH (TMI) AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP. Masters thesis, UIN Kyai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
NEILY SHOFIA ARDY_0849119031.pdf

Download (6MB)

Abstract

Abstrak:
Pengelolaan pemasaran jasa pendidikan akan baik jika dengan benar dan profeisonal. Tujuan dari Strategi bauran pemasaran Pendidikan untuk mempermudah lembaga dalam memasarkan jasa pendidikan kepada masyarakat khususnya wali santri. adanya lembaga yang memiliki program yang bagus jika tidak di narasikan atau disampaikan kepada khalayak umum dengan baik maka lembaga tersebut akan kehilangan banyak kesempatan dan kalah bersaing dengan lembaga lain. Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan termasuk pondok yang sudah lama didirikan namun dari tahun ke tahun santri di pondok tersebut semakin bertambah dan tetap menjaga keeksistensiannya meskipun saat ini sudah banyak lembaga-lembaga pendidikan baru yang hadir dengan berbagai macam tawaran dan kualitas yang tak kalah bagus, Penelitian ini menggunkan teori Kotler dan Fox.
Fokus penelitian ini adalah Bagaimana strategi bauran pemasaran pendidikan aspek program, harga, tempat dan promosi dalam memotivasi wali santri memilih pondok pesantren TMI Al-Amien prenduan?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan data mengenai strategi bauran pemasaran pendidikan aspek program, harga, tempat dan promosi dalam memotivasi wali santri memilih pondok pesantren TMI Al-Amien prenduan sumenep. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif jenisnya deskriptif, Metode untuk mengumpulkan data menggunakan tiga cara, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam proses menganalisis data menggunakan tiga tahapan, yakni kondensasi data (data condensation), penyajian data (display), penarikan kesimpulan (conculation drawing/verification)
Hasil penelitian adalah a).Produk/program yaitu TMI Al-Amien Prenduan memiliki beberapa program pendidikan dan berupaya untuk memadukan sekian banyak kegiatan menjadi suatu manhaj dan menjadi khas. b).Price/biaya termasuk dalam kategori terjangkau, yaitu perbulannya Rp.550.000 untuk santri putri dan Rp. 575.000 untuk santri putra c). Place/lokasi yaitu memiliki tempat yang mudah dijangkau oleh kendaraan dan lingkungan pondok yang cukup luas dan asri d). Promotion/promosi yaitu menggunakan brosur dan media social dan yang paling penting adalah peran alumni yang menyebarkan informasi mengenai pondok pesantren Al-Amien Prenduan yang bekerjasama dengan wali santri di seluruh Indonesia. Sedangkan Motivasi wali santri dalam memilih pondok pesantren TMI Al-Amien Prenduan, ditunjau dari elemen bauran pemasaran adalah terletak pada semua elemen terutama program dan promosi.

Kata kunci: Strategi Bauran Pemasaran, Motivasi Wali santri

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Neily Shofia Ardy
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:33
Last Modified: 26 Jun 2023 01:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24603

Actions (login required)

View Item View Item