Mengembangkan Bahasa Lisan Anak Dengan Bercerita Melalui Media Audio Visual Di Kelompok B SPS Paud Bougenville 31 Jember

Nur Hasanah, Zizadatun (2023) Mengembangkan Bahasa Lisan Anak Dengan Bercerita Melalui Media Audio Visual Di Kelompok B SPS Paud Bougenville 31 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zizadatun Nur Hasanah_T20195063.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Zizadatun Nur Hasanah, 2023: “Mengembangkan Bahasa Lisan Anak Dengan
Bercerita Melalui Media Audio Visual Di Kelompok B Sps Paud
Bougenville 31 Jember.”
Kata Kunci: Mengembangkan Bahasa Anak Dengan Bercerita Melalui Media
Audio Visual.
Bercerita atau mendongeng menggunakan media audio visual untuk
mengembangkan bahasa merupakan salah satu kegiatan yang cocok untuk anak
usia dini. Sps Paud Bougenville 31 Jember sudah melaksanakan pembelajaran
bercerita menggunakan buku bergambar ataupun dengan media audio visual
sesuai dengan tema pembelajaran yang sudah disusun oleh pendidik sebelum
pelaksanaan pembelajaran normal.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pelaksanaan media
pembelajaran audio visual dalam mengembangkan bahasa lisan anak dengan
bercerita di kelompok B Sps Paud Bougenville 31 Jember Tahun Pelajaran 2022-
2023? 2) Bagaimana pelaksanaan media pembelajaran audio visual dalam
mengembangkan bahasa lisan anak dengan bercerita di kelompok B Sps Paud
Bougenville 31 Jember Tahun Pelajaran 2022-2023? 3) Bagaimana evaluasi
pelaksanaan pembelajaran audio visual dalam mengembangkan bahasa lisan anak
dengan bercerita di kelompok B Sps Paud Bougenville 31 Jember Tahun
Pelajaran 2022-2023?
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik
purposive. Analisis data menggunakan melalui tiga tahapan yaitu kondensasi,
penyajian data, dan kesimpulan. Pengumpulan data dengan tiga tahapan yaitu
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber, dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, pembelajaran meningkatkan
bahasa anak menggunakan media audio visual di kelompok B berupa, 1)
Perencanaan pembelajaran mengembangkan bahasa lisan anak dengan bercerita
mengggunakan meedia audio visual yaitu dengan penyusunan RPPH sebelum
pelaksanaan pembelajaran dengan memberikan kegiatan bercerita menggunakan
media audio visual untuk mengembangkan bahasa lisan anak, serta penyediaan
alat yang dibutuhkan sesuai dengan tema atau sub tema di RPPH untuk setiap
kegiatan satu harinya. 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan pemilihan media
audio visual untuk kegiatan bercerita, Penentuan tema cerita sesuai dengan RPPH,
pada pelasananaan pembelajaran menggunakan audio visual terdapat faktor
pendukung, penghambat dan solusi untuk mengatasi kehambatan pada proses
pembelajaran berlangsung. 3) Evaluasi pembelajaran berupa catatan penilaian
perkembangan pada aspek bahasa di kelompok B di Sps Paud Bougenville 31
Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Ziza datun
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:23
Last Modified: 26 Jun 2023 01:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24608

Actions (login required)

View Item View Item