Strategi Personal Selling dengan Islamic Branding dalam Penjualan Produk Kosmetik Wardah dan Safi di Kabupaten Jember

Rinatul, Jannah (2023) Strategi Personal Selling dengan Islamic Branding dalam Penjualan Produk Kosmetik Wardah dan Safi di Kabupaten Jember. Masters thesis, UIN KH. Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Rinatul Jannah_213206060018.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rinatul Jannah, 2022. Strategi Personal Selling dengan Islamic Branding dalam Penjualan Produk Kosmetik Wardah dan Safi di Kabupaten Jember. Tesis. Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Abdul Rokhim, S.Ag., M.E.I. Pembimbing II: Dr. Ahmadiono, S.Ag., M.E.I

Kata Kunci: Personal Selling, Islamic Branding, Kosmetik.

Personal selling termasuk salah satu komponen dalam strategi pemasaran dari aspek promosi (promotion) dan merupakan penjualan pribadi dengan cara mengenalkan barang/jasa melalui komunikasi secara lisan atau bertemu secara berhadapan langsung dengan calon konsumen. Strategi personal selling dengan menggunakan Islamic branding banyak diminati oleh produsen terutama di negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam dan juga negara yang membuat produk dengan target pasar masyarakat muslim salah satunya yaitu produk kosmetik. Penjualan kosmetik dilaksanakan oleh wiraniaga sebagai tenaga penjual atau disebut beauty advisor untuk melakukan penjualan sekaligus tenaga konsultan bagi konsumen.
Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana strategi personal selling dengan islamic branding dalam penjualan produk kosmetik Wardah dan Safi di Kabupaten Jember 2) Bagaimana implikasi strategi personal selling dengan islamic branding dalam penjualan produk kosmetik Wardah dan Safi di Kabupaten Jember.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi personal selling dengan islamic branding dalam penjualan produk kosmetik Wardah dan Safi di Kabupaten Jember dan bagaimana implikasi strategi personal selling dengan islamic branding dalam penjualan produk kosmetik Wardah dan Safi di Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kepada Beauty Advisor (BA) sebagai tenaga penjual sekaligus tenaga konsultan yang ada pada perusahaan Wardah dan Safi serta terdapat di tempat penelitian yaitu di Ratu Cosmetics dan Outlet Jember Roxy Square. Analisis yang dilakukan menggunakan kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display) dan kesimpulan, penarikan/verivikasi (conclusion, drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukkan 1) Strategi personal selling dapat dilakukan dengan cara pencarian calon pembeli (prospecting), komunikasi (communicating), penjualan (selling), pengumpulan informasi (information gathering), pelayanan (servicing) dan pengalokasian (allocation) dengan Islamic Branding yang digunakan mengacu pada pentingnya merek, keakraban merek, kepercayaan konsumen dan label halal 2) Implikasi strategi personal selling dalam penjualan produk oleh beauty advisor wardah dan safi meliputi dampak adanya strategi personal selling yang dilakukan dengan islamic branding yaitu bagaimana volume penjualan barang, profil konsumen dan hadirnya pelanggan baru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rinatul Rinatul Jannah
Date Deposited: 26 Jun 2023 07:35
Last Modified: 26 Jun 2023 07:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24609

Actions (login required)

View Item View Item