Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Perilaku Remaja Era Digital Di Desa Gentengkulon Kab. Banyuwangi

Azizah, Zulvi Wardha (2023) Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Perilaku Remaja Era Digital Di Desa Gentengkulon Kab. Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Acmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zulvi Wardha Azizah_D20193084.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perilaku merupakan unsur perbuatan atau tindakan dalam berinteraksi dengan sekitarnya sehingga menjadi suatu kebiasaan yang terhubung denga psikis dan fisik manusia. Sedangkan dengan remaja yang mereka merupakan kelompok manusia atau masyarakat yang sedang mengalami masa transisi dari anak-anak menuju dewasa, kebanyakan dari remaja mereka ambivalen yang menjadikan emosi, sifat serta perilaku sering berubah-ubah.
Permasalahan ini didukung lagi dengan adanya perubahan zaman yang awalnya serba manual atau tradisional menjadi lebih digital yang menjadi salah satu pengaruh dari perubahan perilaku remaja, banyak peneliti dapati bahwa remaja era digital memiliki perilaku yang beresiko rendah, seperti karena terlalu sering memakai teknologi digital perilaku remaja menjadi lebih acuh dan individualis serta lebih menyukai suatu yang instan tanpa melihat prosesnya. Peran orang tua menjadi kunci dari pembentukan seorang remaja terlebih pada perilaku mereka, karena orang tua memiliki keterkaitan dekat dan kewajiban dalam membimbing dan membesarkan seorang anak terlebih remaja.
Fokus masalah yang diambil peneliti adalah: 1) Bagaimana perilaku remaja Desa Genteng Kulon di era digital ?, dan 2) Bagaimana peran pola asuh orang tua dalam membentuk perilaku remaja Desa Genteng Kulon di era digital?. Menjawab fokus masalah diatas peneliti memakai pendekatan dengan metode penelitian kualitatif jenis deskriptif, dengan tujuan dapat menguraikan dan menggambarkan peranan pola asuh orang tua dalam membentuk kepribadian remaja di tengah era digital serta perilaku remaja Desa Genteng Kulon di era digital secara sistematis.
Dari hasil penilitian ini dapat menunjukkan bahwa, perilaku remaja era digital di Desa Genteng Kulon individualis, acuh terhadap sekitarnya terlebih dalam kepedulian masyarakat, serta remaja Desa Genteng Kulon memiliki perilaku pembangkang terhadap orang tua. Sedangkan peran pola asuh orang tua dalam membentuk perilaku remaja Desa Genteng Kulon di era digital terbagi menjadi dua bentuk pola asuh sabagai peran orang tua, diantaranya: pola asuh demokratis, yang mana orang tua berperan dalam memberikan bimbingan, perhatian serta kontrol diri dalam setiap perilaku remaja, tetapi orang tua memberikan kebebasan kepada remaja dalam berpendapat. Ke-dua pola asuh permisif, yang mana orang tua berperan dalam memberikan setiap kebutuhan dan perhatian, serta membebaskan remaja dalam memilih setiap keinginan dan pendapatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Miss Zulvi Wardha Azizah
Date Deposited: 26 Jun 2023 07:14
Last Modified: 26 Jun 2023 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24612

Actions (login required)

View Item View Item