Analisis Kemampuan Representasi Matematis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Lingkaran Ditinjau Dari Perbedaan Gender Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sukorambi Jember

Wulandari, Sri Asih (2023) Analisis Kemampuan Representasi Matematis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Lingkaran Ditinjau Dari Perbedaan Gender Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sukorambi Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SRI ASIH WULANDARI_T20197033.pdf

Download (5MB)

Abstract

Representasi merupakan sentral dari pembelajaran matematika. karena dengan kemampuan tersebut siswa mampu mengembangkan, menggunakan dan membandingkan representasi, serta memperkuat pemahaman mereka terhadap konsep dan juga keterkaitannya dalam matematika.
Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Mendesekripsikan kemampuan representasi matematis dalam memecahkan masalah matematika siswa laki – laki 2) Mendesekripsikan kemampuan representasi matematis dalam memecahkan masalah matematika siswa perempuan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan subjek ditentukan melalui dokumentasi nilai ulangan harian dan rekomendasi guru terkait 1 siswa dengan kemampuan matematika setara dari masing-masing gender. Data yang dikumpulkan menggunakan instrumen tes I, II dan III, serta pedoman wawancara. Untuk memastikan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi waktu dan triangulasi teknik. Triangulasi waktu dalam penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil ke tiga tes dan diperkuat dengan hasil wawancara sedangkan triangulasi teknik dilakukan dengan membandingkan hasil tes dan wawancara.
Melalui hasil analisis data menggunakan triangulasi waktu dan triangulasi teknik diperoleh pencapaian kemampuan representasi siswa laki-laki dan perempuan yaitu siswa laki-laki dapat memenuhi semua indikator representasi gambar dan simbol dan dapat memenuhi indikator representasi verbal melalui kata-kata sedangkan siswa perempuan dapat memenuhi semua indikator representasi yaitu gambar, simbol dan verbal melalui kata-kata dan tulisan. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan representasi matematis siswa laki-laki dan siswa perempuan. Siswa laki-laki mengalami kesulitan dalam mengekspresikan penyelesaian masalah secara verbal melalui tulisan dan cenderung menggunakan representasi verbal melalui kata-kata saja. Sedangkan siswa perempuan mampu menggunakan representasi matematis verbal baik melalui kata-kata maupun tulisan.
Kata kunci : Kemampuan representasi, Pemecahan masalah, Gender.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010111 Real and Complex Functions (incl. Several Variables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sri Sri Wulandari
Date Deposited: 26 Jun 2023 07:32
Last Modified: 26 Jun 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24618

Actions (login required)

View Item View Item