Implementasi Program Kegiatan One Week One Hadits di SMP Islam Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023

Za'in, Nur Ainiah (2023) Implementasi Program Kegiatan One Week One Hadits di SMP Islam Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
NUR AINIYAH ZAIN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nur Ainiah Za’in, 2023 “Implementasi Progam Kegiatan One Week One Hadits
di SMP Islam Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023”

Kata Kunci : Implementasi Progam Kegiatan One Week One Hadits

Penelitian ini membahas tentang implementasi progam kegiatan one week
one hadits. Implementasi program kegiatan one weeek one hadits merupakan
pelaksanaan serangkaian kegiatan yang saling berkaitan dalam proses menghafal
hadis yang termasuk di dalamnya menjaga hafalan agar tidak lupa dan dapat
mengamalkannya, serta sebagai suatu kebiasaan yang baik. SMP Islam tersebut
merupakan suatu lembaga yang menerapkan kegiatan one week one hadits.

Fokus penelitian yang dikaji dalam penelitian ini adalah sebagai berikut,
1) Bagaimana implementasi progam kegiatan one week one hadits di SMP Islam
Kalibaru Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023?; 2) Apa saja faktor penghambat
dan pendukung Implementasi progam kegiatan one week one hadits di SMP Islam
Kalibaru Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023Kalibaru Banyuwangi?

Tujuan pelaksanaan program kegiatan one week one hadits ini adalah 1)
mendeskripsikan bagaimana implementasi progam kegiatan one week one hadits
di SMP Islam Kalibaru Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023; 2)
Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam progam kegiatan one
week one hadits di SMP Islam Kalibaru Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023

Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk
analisis datanya bersifat deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan data, kondensasi
data, penyajian data dan kesimpulan. Pengabsahan data dilakukan dengan
menggunakan triangulasi sumber dan tringulasi teknik.

Hasil dari penelitian ini ialah 1) perencanaan dari kegiatan one week one
hadits ini dimulai dari bawah ke atas, maksudnya disini ialah kegiatan tersebut
berawal dari ide salah satu guru yang pernah mengajar di SMP Islam yang
kemudian dimusyawarahkan dengan guru-guru yang lain dan hasil dari
musyawarahnya tersebut semua guru setuju dengan progam kegiatan one week
one hadits. Setelah itu progam kegiatan tersebut diajukan ke kepala sekolah yang
kemudian disetujui untuk dilaksanakan di sekolah SMP Islam tersebut.
Selanjutnya, implementasi progam kegiatan one week one hadits yang
dilaksanakan di SMP Islam Kalibaru Banyuwangi dilaksanakan sebelum siswa
memasuki halaman sekolah, ketika upacara, awal jam pertama dimulai hari senin,
setelah shalat dhuha, setelah sholat dhuhur. Dan kegiatan menghafal hadits ini
menggunakan metode talqin, tikrar, tafahum, talaqqi, tasmi’, dan muraja’ah.
Sedangkan, evaluasinya yaitu dilaksanakan diakhir semester dengan cara
menyetor ulang hadits yang sudah dihafal selama satu semester tersebut. 2) faktor
pendukung dalam kegiatan ini, yaitu guru dan hadits yang akan dihafal.
Sedangkan faktor penghambatnya ialah banyaknya pintu di sekolah, anak-anak
yang terlambat, tidak ada guru atau osis yang piket, dan hadits yang terlalu
panjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Ainiah Zain
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:45
Last Modified: 04 Jul 2023 02:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24624

Actions (login required)

View Item View Item