Kontribusi PKH Program Keluarga Harapan dalam Pemberdayaan Masyarakat untuk Menunjang Pendidikan Siswa Kurang Mampu di Desa Ramban Wetan Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso

Qulfatah, Taufik (2023) Kontribusi PKH Program Keluarga Harapan dalam Pemberdayaan Masyarakat untuk Menunjang Pendidikan Siswa Kurang Mampu di Desa Ramban Wetan Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
TAUFIK QULFATAH_D20162009.pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Kontribusi keluarga harapan, pemberdayaan masyarakat, menunjang pendidikan siswa kurang mampu.
Adanyan observasi awal bersama dengan pendamping PKH di Desa Ramban Wetan diketahui sebanyak 154 Rumah Tangga Sangat Miskin yang disingkat dengan (RTSM) sebagai penerima bantuan tunai dari Program keluarga Harapan dalam bidang pendidikan. Sedangkan jumlah dari anak-anak yang menempuh jenjang pendidikan 77 siswa, yang secara terperinci 55 orang anak KPM menempuh Jenjang SD dan 22 orang anak KPM menempuh jenjang SMP. Mengacu pada permasalahan tersebut di atas, maka penulis memliki ketertarikan untuk melaksanakan penelitian.
Fokus masalah yang di teliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana Kontribusi Keluarga Harapan dalam Pemberdayaan Masyarakat untuk Menunjang Pendidikan Siswa Kurang Mampu di Desa Ramban Wetan Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso?. 2. Apa sajah Faktor Pendorog dan Penghambat Kontribusi Keluarga Harapan dalam Pemberdayaan Masyarakat untuk Menunjang Pendidikan Siswa Kurang Mampu di Desa Ramban Wetan Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso?. 3. Bagaimana dampak Kontribusi PKH dalam Pemberdayaan Masyarakat untuk menunjang Pendidikan Siswa kurang mampu di Desa Ramban Wetan Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso?. bertujuan untuk mendeskripsikan Kontribusi keluarga harapan dalam proses Pemberdayaan Masyarakat untuk Menunjang Pendidikan Siswa Kurang Mampu kepada KPM, mendeskripsikan apa sajah faktor pendorong dan penghambatnya serta mendeskripsikan apa sajah dampak Kontribusi Keluarga Harapan dalam Pemberdayaan Masyarakat.
Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendektan deskriptif. Metode pengumpulan data melalui obsvasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Peneliti menggunakan tringgulasi data dan sumber dalam uji keabsahan data yang diperoleh
Berdasarkan hasil penelitian mengenai kontribusi keluarga harapan dalam pemberdayaan masyarakat untuk menunjang pendidikan siswa kurang mampu pertama kontribusi yang di lakukan yaitu berperan sebagai fasilitator dalam mendorong dan memberikan motivasi kepada KPM, untuk belajar mengelola usaha dan mengingatkan pentingnya suatu pendidikan. Pemberdayaan yang di lakukan sudah berjalan maksimal dengan adanya pemberdayaan bengkel, warung, dan penjual kaki lima sehinngga mampu menunjang pendidikan anak. Kedua yaitu hambatan dan dorongan, faktor pendorongnya mendapat dukungan dari pihak pemerintah desa seingga pendamping sosoial mudah dalam menjalankan pemberdayaan kepada masyarakat penerima bantuan. Faktor penghambatnya susahnya menemukan tempat untuk mengadakan pelatihan khusus, seperti pembutan kue dan lainya. Ketiga dampak adanya kontribusi program keluarga harapan dalam pemberdayaan masyarakat mampu mengubah masyarakat maupun KPM, menjadi lebih mandiri Juga mampu membuka usaha dalam mencukupi pendidikan anak diantaranya sudah mampu membayar spp, membeli kebutuhan sekolah. program keluarga harapan sangat bermanfaat dan sangat banyak dakmpak yang telah di rasakan masyarakat penerima bantuan KPM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160804 Rural Sociology
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160806 Social Theory
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mr Taufik Qulfatah
Date Deposited: 04 Jul 2023 09:33
Last Modified: 04 Jul 2023 09:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24629

Actions (login required)

View Item View Item