PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) MATEMATIKA BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TULIS SISWA

Mufidah, Hafidho (2023) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) MATEMATIKA BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TULIS SISWA. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
T20197062_HAFIDHO MUFIDAH.pdf

Download (9MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa mengharuskan guru untuk mampu mengembangkan perangkat pembelajaran dengan berbagai inovasi dengan mengkolaborasikan matematika dengan teknologi, salah satunya modul elektronik (E-Modul). Modul Elektronik (E-Modul) adalah bahan ajar dalam bentuk digital yang di modifikasi dari modul konvensional.
Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kevalidan modul elektronik (E-Modul) matematika berbasis Google Sites 2) Untuk mendeskripsikan kepraktisan modul elektronik (E-Modul) matematika berbasis Google Sites 3) Untuk mendeskripsikan keefektifan modul elektronik (E-Modul) matematika berbasis Google Sites.
Metode yang digunakan yakni metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yakni Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluations (Evaluasi). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar validasi, angket respon guru, angket respon siswa dan tes. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII D MTs. Negeri 2 Jember. Instrumen penelitian berupa lembar validasi untuk mengetahui kevalidan dari validator ahli bahasa, ahli materi, ahli media, ahli soal pretest dan posttest serta ahli angket guru dan angket siswa. Angket respon guru dan angket respon siswa digunakan untuk mengetahui data kepraktisan. Data keefektifan diperoleh dari pretest dan posttest siswa.
Hasil penelitian dan pengembangan diantaranya: 1) tingkat kevalidan analisis data dari validasi ahli materi yakni 97,65%, ahli media yakni 95%, ahli bahasa yakni 96,67%. Rata-rata persentase dari validator sebesar 96,44% dengan kategori “sangat valid”. 2) tingkat kepraktisan didapatkan analisis uji respon guru yakni 85,55%, respon siswa kelompok kecil mendapatkan rata-rata 87%, respon siswa kelompok besar mendapatkan persentase 72%. Rata-rata persentase dari uji kepraktisan adalah 81,5% sehingga dapat disimpulkan “sangat praktis”. 3) Hasil uji efektifitas diperoleh dari pretest dan posttest siswa menunjukkan nilai rata-rata 12,52 sedangkan hasil posttest menunjukkan nilai 37,6. Pada Uji Wilcoxon nilai sig senilai 0.000 menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan oleh siswa setelah menggunakan E-Modul. Skor rata-rata N-Gain sebesar 0,90 yang artinya tinggi atau sangat efektif. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul elektronik (E-Modul) matematika berbasis Google Sites untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tulis siswa valid, praktis dan efektif. E-Modul dapat diakses pada link https://sites.google.com/view/E-Modul-aljabar/
Kata Kunci : Pengembangan, E-Modul, Google Sites, Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Hafidho Mufidah Mufidah
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:51
Last Modified: 26 Jun 2023 01:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24633

Actions (login required)

View Item View Item