Hubungan Kesadaran Beragama dengan Perilaku Altruistik pada Santri di Pondok Pesantren Shofa Marwah Jember

Rena Andria, Rahma (2023) Hubungan Kesadaran Beragama dengan Perilaku Altruistik pada Santri di Pondok Pesantren Shofa Marwah Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rena Andria Rahma_D20195007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena terkait kesenjangan bentuk ideal dan realita dalam kehidupan beragama dan perilaku altruistik yang dapat ditemukan dalam aspek kehidupan sehari-hari, padahal Indonesia sendiri merupakan sebuah masyarakat dengan dominasi lingkungan yang beragama serta kultur yang lekat dengan nilai-nilai pancasila. Dalam fenomena sehari-hari, dapat ditemukan dari mereka yang secara luar tampak baik hubungan vertikalnya dengan tuhan seperti taat beribadah, menghafal alquran, namun melakukan hal buruk pada orang lain dan alam sekitarnya, misalnya saja melakukan tindak kecurangan dalam lomba dan melakukan kekerasan pada keluarganya. Perilaku altruistik merupakan merupakan tindakan menolong dengan sukarela tanpa mengharapkan imbalan apapun yang mana disebabkan salah satunya oleh perasaan positif seperti simpati dan empati. Dalam hal ini, kesadaran beragama memiliki sumbangsih dalam meningkatkan perasaan positif tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui tingkat kesadaran beragama, tingkat perilaku altruistik dan hubungan kesadaran beragama dengan perilaku altruistik pada santri di Pondok Pesantren Shofa Marwah Jember.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling bdikarenakan subjek di bawah 100 orang yakni 64 santri di Pondok Pesantren Shofa Marwah Jember.Intrumen dalam penelitian ini menggunakan dua skala. skala kesadaran beragama merupakan skala yang dimodifikasi dari Ahmad Yusuf Affifurohman berdasarkan teori kesadaran beragma dari Abdul Aziz dan skala perilaku altruistik diadopsi dari Assidqiyah yang didasarkan oleh teori Myers. Skala ini telah melalui uji validitas dengan keseluruhan item r hitung > r tabel (r tabel sebesar 0,244) dan juga melalui uji reliabilitas dengan hasil croncbach alpha > 0,60. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi product momen.

Hasil penelitian mendapatkan nilai r sebesar 0,329 serta nilai p sebesar 0,008 (p<0,05). jika meninjau hasil yang didapatkan maka dapat disimpulkan jika hipotesis yang mana diajukan oleh peneliti dalam penelitian ini dapat diterima yaitu terdapat sebuah hubungan yang signifikan antara kesadaran beragama dan perilaku altruistik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Depositing User: Rena Andria Rahma
Date Deposited: 26 Jun 2023 07:46
Last Modified: 26 Jun 2023 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24640

Actions (login required)

View Item View Item