ANALISIS WACANA VAN DIJK TERHADAP DAKWAH DIGITAL PONDOK PESANTREN AL-BIDAYAH DI YOUTUBE

IRHAM, -Mohammad Irchamul Huda (2023) ANALISIS WACANA VAN DIJK TERHADAP DAKWAH DIGITAL PONDOK PESANTREN AL-BIDAYAH DI YOUTUBE. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Mohammad Irchamul Huda WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

BTRAK
Mohammad Irchamul Huda, 2023 : Analisis Wacana Van Dijk Terhadap Dakwah Digital Pondok Pesantren Al-Bidayah Di Youtube

Kata Kunci : Analisis Wacana , Dakwah Digital

Dewasa ini, internet merupakan hal yang lumrah. Manusia dapat mengakses segala informasi serta memiliki alat komunikasi yang cepat melalui jaringan internet. Perkembangan internet yang masif juga menjadi salah satu dasar atas besarnya potensi pengguna media sosial. Saat ini, Youtube telah ribuan bahkan jutaan pengguna dari berbagai Negara, salah satunya Indonesia. Zaman sekarang sudah banyak da’i yang memodifikasi metode dakwah dan menggunakan media sosial youtube, sebagai media dakwahnya, salah satunya pondok pesantren Al-Bidayah dalam Youtubenya yang bernama Metode Al Bidayah. Metode Al Bidayah merupakan channel Pondok Pesantren Al Bidayah yang berisi tentang, strategi pembelajaran nahwu shorof dengan aplikatif dan efektif, seperti melakukan praktek secara berulang-ulang sampai peserta didik mampu mengaplikasikannya dalam membaca kitab kuning. Adapun penelitian ini lebih fokus pada Analisis Wacana Van Dijk Terhadap Dakwah Digtal Pondok Pesantren Al-Bidayah Di Youtube. Analisis wacana merupakan suatu kajian yang meneliti atau menganalisis bahasa yang digunakan secara alamiah, baik dalam bentuk tulis maupun lisan. Dalam analisi wacana terdapat beberapa bagian seperti teks, kognisi sosial, dan konteks. Adapun fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis Teks, Kognisi Sosial, dan Konteks Sosial pada Pondok Pesantren Al-Bidayah dalam menerapkan dakwah digital di Youtube.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitan deskriptif, dengan menggunakan metode purposive. Lokasi penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember, dan Youtube channel Metode Al-Bidayah dan ppeneliti disini bersifat pengamat non partisipan dengan subjek penelitian mencakup pengasuh dan semua crew Youtube channel Metode Al-Bidayah.
Analisis teks Pondok Pesantren Al-Bidayah dalam menerapkan dakwah digital di Youtube terdapat pada tulisan Thumnail vidio dan penekanan nahwu sorrof dalam setiap vidio Youtube Channel Metode Al-Bidayah. Adapun kognisi sosial Pondok Pesantren Al-Bidayah dalam menerapkan Dakwah digital di Youtube terletak pada proses produksinya, seperti pengambilan gambar dan pemilihan waktu produksinya. Konteks sosial Pondok Pesantren Al-Bidayah dalam menerapkan Dakwah digital di Youtube adalah diciptakan secara serius, baik cara menyampaikan materi, maupun suasana yang dibangun pada saat siaran langsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana, Dakwah Digital
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190299 Film, Television and Digital Media not elsewhere classified
Depositing User: Irham Mohammad Irchamul Huda Moh Kholil
Date Deposited: 04 Jul 2023 03:14
Last Modified: 04 Jul 2023 03:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24646

Actions (login required)

View Item View Item