Analisis Kebiasaan Belajar Siswa Berprestasi Akademik Kelas X Pada Pelajaran Biologi Di SMA Negeri Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

dwi putri, Nur anisa (2023) Analisis Kebiasaan Belajar Siswa Berprestasi Akademik Kelas X Pada Pelajaran Biologi Di SMA Negeri Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NUR ANISA DWI PUTRI_T20198054.pdf

Download (26MB)

Abstract

Negara Indonesia adalah salah satu negara didunia yang masih berkembang, hal ini tentunya membuat negara indonesia ingin memajukan bangsanya. Salah satu upaya negara dalam memajukan bangsanya yaitu dengan melakukan peningkatan terhadap sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas seperti meningkatkan efektifitas Pendidikan di Indonesia. SMA Negeri Umbulsari merupakan lembaga pendidikan setingkat sekolah menengah ke atas yang ada di desa Gunung Sari dan berhasil memperoleh prestasi akademik baik secara nasional maupun internasional.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui Kebiasaan Belajar siswa berprestasi akademik kelas X pada pelajaran biologi di SMA Negeri Umbulsari Jember, 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat kebiasaan belajar siswa berprestasi akademik pada pelajaran biologi di SMA Negeri Umbulsari Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, lokasi penelitiannya adalah SMA Negeri Umbulsari Jember, Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling, teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Hasil analisis yang di dapatkan oleh peneliti di SMA Negeri Umbulsari Jember tentang kebiasaan belajar siswa berprestasi akademik kelas X di SMA Negeri Umbulsari Jember diperoleh data bahwa: 1) Kebiasaan belajar siswa berprestasi akademik kelas X pada pelajaran biologi di SMA Negeri Umbulsari Jember yaitu membaca, membuat catatan penting, latihan-latihan soal, menggunakan video pembelajaran, bertanya kepada guru, tidak menunda mengerjakan tugas, membuat daftar list tugas, fokus dan ingat tujuan awal mencari ilmu, menghilangkan sifat malas, mencari suasana belajar yang baru dan memahami materi yang di pelajari. 2) Faktor pendukung dan penghambat kebiasaan belajar siswa berprestasi akademik kelas X pada pelajaran biologi di SMA Negeri Umbulsari Jember yaitu adanya niat dan tujuan belajar, minat, motivasi, dorongan dari orang tua. Sementara faktor penghambat dapat disebabkan oleh handphone, rasa malas, buku cerita.
Kata Kunci: Kebiasaan, belajar, prestasi, akademik, umbulsari

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Perpustakaan putri
Date Deposited: 26 Jun 2023 04:16
Last Modified: 26 Jun 2023 04:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24651

Actions (login required)

View Item View Item