MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NURUL CHOTIB DESA WRINGINAGUNG KECAMATAN JOMBANG KABUPATEN JEMBER

MS, Hermin (2023) MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NURUL CHOTIB DESA WRINGINAGUNG KECAMATAN JOMBANG KABUPATEN JEMBER. Masters thesis, pascasarjana uinkhas jember.

[img] Text
HERMIN_213206010014.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

Hermin, 2023, “Manajemen sumber daya pendidik di Sekolah Menengah Pertama Nurul Chotib Desa Wringinagung Kecamatan Jombang Kabupaten Jember “
Kata Kunci : Manajemen sumber daya pendidik, Sekolah Menengah Pertama Nurul Chotib

Sumber daya pendidik paling menentukan bagi sekolah dalam menjalankan peranannya untuk melayani kepentingan sekolah sedangkan manajemen merupakan strategi tata kelola yang efektif dengan tenaga pendidik yang profesionalisme dalam mencapai tujuan sekolah.
Fokus penelitian yaitu : (1) Bagaimana rekrutmen sumber daya pendidik di SMP Nurul Chotib wringin agung Jombang Jember? (2) Bagaimana seleksi sumber daya pendidik di SMP Nurul Chotib wringin agung Jombang Jember? (3) Bagaimana pengembangan sumber daya pendidik di SMP Nurul Chotib wringin agung Jombang Jember? (4) Bagaimana evaluasi kinerja pendidik di SMP Nurul Chotib wringin agung Jombang Jember?.
Tujuan penelitian yaitu : (1) Mendeskripsikan rekrutmen sumber daya pendidik di SMP Nurul Chotib wringin agung Jombang Jember. (3) Mendeskripsikan seleksi sumber daya pendidik di SMP Nurul Chotib wringin agung Jombang Jember. (3) Mendeskripsikan pengembangan sumber daya pendidik di SMP Nurul Chotib wringin agung Jombang Jember (4) Mendeskripsikan evaluasi kinerja pendidik di SMP Nurul Chotib wringin agung Jombang Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenisnya study kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara : (1) Observasi (2) Wawancara dan (3) dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model intraktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : (1) pengumpulan data, (2) Kondensasi data, (3) penyajian data dan, (4) penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi dan member chek. Triangulasi yang digunakan ada dua yaitu triangulasi sumber dan triangulasi.
Hasil penelitian yaitu (1) Rekrutmen sumber daya pendidik di SMP Nurul Chotib dilakukan dengan Menganalisis kebutuhan pendidik, membentuk panitia rekrutmen dan seleksi pendidik baru, menentukan sumber-sumber tenaga pendidik baru. Melakukan pengumuman rekrutmen dari berbagai jenis media baik online atau offline. (2) Seleksi sumber daya pendidik di SMP Nurul Chotib dilakukan dengan Penerimaan dan seleksi berkas administrasi, Pelaksanaan tes,wawancara dan Praktek mengajar) dan menentukan pihak yang lulus. (3) Pengembangan sumber daya pendidik di SMP Nurul Chotib dilakukan dengan Bekerja sama dengan Instansi “Kenzho Learning Centre” dan Menugaskan beberapa tenaga pendidik untuk mengikuti pelatihan yang diadakan di luar. seperti MGMP, Workshop Pengembangan kurikulum dan lain lain. (4) Evaluasi sumber daya pendidik di SMP Nurul Chotib wringin agung Jombang Jember dilakukan dengan Assesment oleh Pihak Kenzo learning, Supervisi dan seluruh guru. Penilaian Kinera Guru, Pemberian penghargaan bagi guru dan tenaga kependidikan yang berdedikasi tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Depositing User: MS HERMIN HERMIN
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:50
Last Modified: 26 Jun 2023 03:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24652

Actions (login required)

View Item View Item