Pembelajaran Akidah Akhlak melalui Model Pembelajaran Small Group Discussion Kelas X MIPA 2 MAS Wahid Hasyim Balung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Zahroyundiafi, Siti (2023) Pembelajaran Akidah Akhlak melalui Model Pembelajaran Small Group Discussion Kelas X MIPA 2 MAS Wahid Hasyim Balung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti zahroyundiafi_T20191057.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Akidah Akhlak, Metode Small Group Discussion
Pembelajaran Akidah Akhlak perlu adanya inovasi pembelajaran yang
diawali dengan pendekaran belajar terpusat pada siswa atau Student Centered.
Salah satu model pembelajaran Akidah Akhlak yang diterapkan pada tahun
pelajaran baru 2022/2023 di MAS Wahid Hasyim Balung yakni model
pembelajaran Small Group Discussion dengan tujuan agar siswa aktif dan kritis.
Adapun fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan
pembelajaran akidah akhlak melalui model pembelajaran small group discussion
kelas X MIPA 2 MAS Wahid Hasyim Balung Jember Tahun Pelajaran
2022/2023? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak melalui
model pembelajran small group discussion kelas X MIPA 2 MAS Wahid Hasyim
Balung – Jember Tahun ajaran 2022/2023? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran
akidah akhlak melalui model pembelajaran small group discussion kelas X MIPA
2 MAS Wahid Hasyim Balung – Jember Tahun ajaran 2022/2023?
Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan penelitian
kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian dengan teknik
purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan
analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana yakni kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada pengujian keabsahan data,
peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan pembelajaran
meliputi empat unsur yaitu, a) guru menentukan tujuan metode Small Group
Discussion dan tujuan kompetensi, b) guru menetapkan materi Seharusnya Kita
Menghindari Perbuatan Syirik, c) guru menetapkan metode pembelajaran Small
Group Discussion, d) guru memilih sumber belajar melalui buku dan memilih
media pembelajaran dengan powepoint. 2) Pelaksanaan pembelajan yaitu, a) Guru
membuka pelajan dengan pemberian salam, berdoa, mengecek kehadiran siswa,
dan tadarus bersama-sama, b) Guru menyampaikan materi Seharusnya Kita
Menghindari Perbuatan Syirik melalui media powerpoint, c) guru menerapkan
metode pembelajaran Small Group Discussion, d) guru menutup pembelajan
dengan menyimpulkan hasil diskusi, motivasi, membaca doa akhir majlis, dan
yang terakhir salam. 3) Evaluasi pembelajaran dilakukan guru observasi diskusi,
presentasi dan tes uraian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200526 Stylistics and Textual Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Siti Zahroyundiafi
Date Deposited: 26 Jun 2023 07:59
Last Modified: 26 Jun 2023 07:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24653

Actions (login required)

View Item View Item