Analisis Keabsahan Pelaksanaan Akad Wadi'ah Yad Adh -Dhamanah Dalam Produk Simpanan Wadi'ah Berjangka Bundling Produk (SWB2P) Di BMT-UGT Nusantara Cabang Wirolegi Kabupaten Jember

Nafisah Kamila, Ramadhani (2023) Analisis Keabsahan Pelaksanaan Akad Wadi'ah Yad Adh -Dhamanah Dalam Produk Simpanan Wadi'ah Berjangka Bundling Produk (SWB2P) Di BMT-UGT Nusantara Cabang Wirolegi Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nafisah Kamila Ramadhani_S20192098.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Nafisah Kamila Ramadhani, 2023: Analisis Keabsahan Pelaksanaan Akad Wadi’ah Yad Adh-Dhamanah dalam Produk Simpanan Berjangka Bundling Produk (SWB2P) di BMT UGT Nusantara Cabang Wirolegi Kabupaten Jember.

Kata Kunci : Keabsahan, Wadi’ah, BMT.

Dalam salah satu produk BMT yang menggunakan akad wadi’ah yad adh-dhamanah pada tabungan belum dapat dikatakan sah sesuai dengan Fatwa DSN-MUI. Pemberian hadiah pada produk juga menjadi suatu permasalahan dalam akad wadi’ah jika ditinjau Fatwa DSN-MUI no 86 tentang hadiah dengan akad wadi’ah.
Fokus penelitian pada penelitian ini yaitu: 1.) Bagaimana sistem akad wadi’ah yad adh-dhamanah dalam produk Simpanan Wadi’ah Berjangka Bundling Produk (SWB2P) di BMT UGT Nusantara Cabang Wirolegi Kab.Jember? 2.) Bagaimana analisis keabsahan pelaksanaan akad wadi’ah yad adh-dhamanah dalam produk Simpanan Wadi’ah Berjagka Bundling Produk (SWB2P) di BMT UGT Nusantara Cabang Wirolegi Kab.Jember? 3.) Bagaimana keabsahan pemberian hadiah dalam produk Simpanan Wadi’ah Berjagka Bundling Produk (SWB2P) di BMT UGT Nusantara Cabang Wirolegi Kab.Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1.)Untuk mendeskripsikan sistem akad wadi’ah yad-Dhamanah dalam produk Simpanan Wadi’ah Berjangka Bundling Produk (SWB2P) di BMT UGT Nusantara Cabang Wirolegi Kab. Jember.2.)Untuk mendeskripsikan keabsahan pelaksanaan akad Wadi’ah Yad-Dhamanah dalam Produk Simpanan Wadi’ah Berjangka Bundling Produk (SWB2P) di BMT UGT Nusantara Cabang Wirolegi Kab. Jember.3.)Untuk mendeskripsikan keabsahan pemberian hadiah dalam Produk Simpanan Wadi’ah Berjangka Bundling Produk (SWB2P) di BMT UGT Nusantara Cabang Wirolegi Kab. Jember.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian empiris dengan menggunakan pendekatan sosiologi hukum. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kajian teori dan khasanah ilmu yaitu, teori, hukum dengan hukum primer dan sekunder, dan tersier yang dapat dianggap relevan dengan penelitian. Jenis penelitian digunakan ialah analisis pelaksanaan.
Hasil dari penelitian ini adalah : 1.) Sistem pelaksanaan akad wadi’ah dalam produk SWB2P belum dapat dikatakan sah karena tidak sesuai dengan Fatwa DSN-MUI no 02/ DSN-MUI/IV/2000 tentang hadiah. 2.) Pelaksanaan akad wadi’ah yang mengacu terhadap Fatwa DSN-MUI dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES) belum terlaksana dengan baik. Dimana simpanan tidak dapat diambil kapan saja (on call). 3.) Pemberian hadiah dalam produk SWB2P belum dapat dikatakan sah karena bertentangan dengan Fatwa DSN-MUI No 86/XII/DSN-MUI/2012 Tentang Hadiah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Nafisah Kamila
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:03
Last Modified: 27 Jun 2023 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24670

Actions (login required)

View Item View Item