HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN PPTQ DARUL ISTIQOMAH JEMBER

Nur Holisah, Siti (2023) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN PPTQ DARUL ISTIQOMAH JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nur Holisah_D20195029.pdf

Download (4MB)

Abstract

Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu kegiatan menanamkan ayat-ayat Al-Qur’an di dalam ingatan lalu mengulang-ulang lafadznya kembali tanpa melihat, bersama dengan usaha agar ayat tersebut selalu diingat. Menjadi mahasiswa penghafal Al-Qur’an berarti menanggung tugas dan kewajiban sebagai mahasiswa dan sebagai penghafal Al-Qur’an. Oleh karenanya diperlukan motivasi yang baik agar seimbang antara kegiatan menghafal dan kegiatan belajar di kampus. Tanggung jawab sebagai mahasiswa dapat berjalan dengan baik ketika motivasi belajar yang dimiliki juga baik. Menurut Elliot, salah satu faktor yang dapat memengaruhi motivasi belajar adalah efikasi diri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan motivasi belajar pada mahasiswa penghafal Al-Qur’an PPTQ Darul Istiqomah Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara ketika prapenelitian, dan angket (kuisioner) pada saat penelitian. Teknik sampling menggunakan sampling jenuh. Angket disebar kepada 46 responden yang merupakan seluruh mahasiswa penghafal Al-Qur’an di PPTQ Darul Istiqomah Jember. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi product moment pearson.
Uji korelasi yang dilakukan mendapatkan nilai signifikansi 0,000<0,05 yang berarti bahwa terdapat hubungan antara efikasi diri dengan motivasi belajar pada mahasiswa penghafal Al-Qur’an PPTQ Darul Istiqomah Jember. Besar nilai r yang didapat 0,753 berarti hubungan antara efikasi diri dengan motivasi belajar berada pada hubungan yang kuat. hubungan kuat antara efikasi diri dan motivasi belajar pada mahasiswa penghafal Al-Qur’an PPTQ Darul Istiqomah Jember ditunjukkan dengan hasil kategorisasi variabel yang mana mahasiswa dengan efikasi diri yang rendah cenderung memiliki motivasi belajar yang rendah, mahasiswa dengan efikasi sedang cenderung memiliki motivasi belajar yang sedang dan mahasiswa yang memiliki efikasi diri yang tinggi cenderung memiliki motivasi belajar yang tinggi pula. Efikasi diri memberikan sumbangan efektif 41,3% terhadap motivasi belajar sedangkan sisanya 58,7% dipengaruhi oleh faktor selain variabel yang diteliti dalam penelitian.
Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara efikasi diri dengan motivasi belajar pada mahasiswa penghafal Al-Qur’an PPTQ Darul Istiqomah Jember.

Kata Kunci: Efikasi diri, motivasi belajar, mahasiswa penghafal Al-Qur’an PPTQ Darul Istiqomah Jember

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Depositing User: Siti Nur Holisah
Date Deposited: 26 Jun 2023 07:23
Last Modified: 26 Jun 2023 07:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24672

Actions (login required)

View Item View Item