PENGARUH PELAYANAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG JEMBER

Alifudin, Muhammad Andre (2023) PENGARUH PELAYANAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI ANDRE WATERMARK.pdf

Download (48MB)

Abstract

M. Andre Alifuddin, 2023: Pengaruh Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Jember.

Kata Kunci: Pelayanan Karyawan, Kepuasan Nasabah

Bank adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang keuangan. Bank juga diartikan sebagai suatu jenis lembaga keuangan yang melaksanakan berbagai macam jasa, seperti memberikan pinjaman, mengedarkan mata uang, pengawasan terhadap mata uang, bertindak sebagai tempat penyimpanan benda-benda berharga, membiayai usaha perusahaan-perusahaan dan lain-lain
Dari uraian tersebut, maka terdapat beberapa hal yang bisa dirumuskan, yaitu: 1). Apakah tangible berpengaruh terhadap kepuasan nasabah () Kantor Cabang Jember. 2). Apakah reliability berpengaruh terhadap kepuasan nasabah () Kantor Cabang Jember. 3). Apakah responsiveness berpengaruh terhadap kepuasan nasabah () Kantor Cabang Jember. 4). Apakah emphaty berpengaruh terhadap kepuasan nasabah () Kantor Cabang Jember. 5). Apakah assurance berpengaruh terhadap kepuasan nasabah () Kantor Cabang Jember. 6). Apakah pelayanan karyawan pada dimensi tangible, reliability, responsiveness, emphaty dan assurance berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah () Kantor Cabang Jember.
Tujuan penelitian ini adalah:1. Untuk mengetahui apakah tangible berpengaruh terhadap kepuasan nasabah () Kantor Cabang Jember. 2. Untuk mengetahui apakah reliability berpengaruh terhadap kepuasan nasabah () Kantor Cabang Jember. 3. Untuk mengetahui apakah responsiveness berpengaruh terhadap kepuasan nasabah () Kantor Cabang Jember. 4. Untuk mengetahui apakah emphaty berpengaruh terhadap kepuasan nasabah () Kantor Cabang Jember. 5. Untuk mengetahui apakah assurance berpengaruh terhadap kepuasan nasabah ) Kantor Cabang Jember. 6. Untuk mengetahui apakah pelayanan karyawan pada dimensi tangible, reliability, responsiveness, emphaty dan assurance berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah () Kantor Cabang Jember.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian terapan (Applied Research). Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah yang berkunjung ke () Kantor Cabang Jember. Sampling dalam penelitian ini menggunakan metode sampling incidental. Dalam penelitian ini penggumpulan data menggunakan angket atau kuisoner, dokumentasi, dan instrumen penggumpulan data.
Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh signifikan pelayanan karyawan yang meliputi dimensi tangible, reliability, responsive, empaty dan assurance secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah pada () Kantor Cabang Jember. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji F hitung = 3.461 lebih besar dari F tabel = 2,30

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Muhammad Andre Alifudin
Date Deposited: 05 Jul 2023 00:38
Last Modified: 05 Jul 2023 00:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24678

Actions (login required)

View Item View Item