Eksistensi Kemitraan Produksi Kerupuk Mentah UD. Syam Jaya dalam Pemenuhan Kebutuhan Ekonomi Masyarakat Dusun Gadungan Desa Klatakan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember

Rodiyah, Khofifatur (2023) Eksistensi Kemitraan Produksi Kerupuk Mentah UD. Syam Jaya dalam Pemenuhan Kebutuhan Ekonomi Masyarakat Dusun Gadungan Desa Klatakan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI KHOFIFATUR RODIYAH. E20182330.pdf

Download (5MB)

Abstract

Khofifatur Rodiyah, 2023: Eksistensi Kemitraan Produksi Kerupuk Mentah UD. Syam Jaya Dalam Pemenuhan Kebutuhan Ekonomi Masyarakat Dusun Gadungan Desa Klatakan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember.

Kata kunci: eksistensi, kemitraan, kebutuhan ekonomi

Manusia dalam hal memenuhi kebutuhan harus berupaya untuk bisa bertahan hidup salah satunya dengan bekerja. Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Desa Klatakan yang berupaya untuk dapat menghasilkan pendapatan yaitu dengan menjalin kemitraan produksi kerupuk mentah dengan UD. Syam Jaya yang tidak lain untuk memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat itu sendiri.
Fokus utama Penelitian penelitian ini yaitu bagaimana eksistensi kemitraan produksi kerupuk mentah UD. Syam Jaya dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi masyarakat di Dusun Gadungan Desa Klatakan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember?.
Tujuan utama dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan eksistensi kemitraan produksi kerupuk mentah UD. Syam Jaya dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi masyarakat di Dusun Gadungan Desa Klatakan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember.
Penenilitian ini menggunakan teknik pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penarikan kesimpulan pada penelitian ini: Eksistensi kemitraan produksi kerupuk mentah UD. Syam Jaya tidak lepas karena adanya semangat bekerja para mitra, daya tarik dari pabrik, dorongan masyarakat, kurangnya keterampilan usaha masyarakat, dan kemitraan yang dapat memberikan pemasukan pendapatan untuk para mitra, adapun pemenuhan kebutuhan ekonomi masyarakat dari hasil kemitraan cukup digunakan untuk kebutuhan pokok atau primer saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150302 Business Information Systems
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150306 Industrial Relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Khofifatur Rodiyah
Date Deposited: 27 Jun 2023 00:46
Last Modified: 27 Jun 2023 00:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24688

Actions (login required)

View Item View Item