Peran tenaga kerja perempuan pada inovasi desain produk kerajinan anyaman dihome industri "Anyaman Banyuwangi"

Mega, Saputri (2023) Peran tenaga kerja perempuan pada inovasi desain produk kerajinan anyaman dihome industri "Anyaman Banyuwangi". Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MEGA RETNO SAPUTRI _E20182036.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK

Mega Retno Saputri, Dr. Hj. Nurul Setianingrum, S.E., M.M, 2022:Peran Tenaga Kerja Perempuan Pada Inovasi Desain Produk Anyaman di Home Industry “Anyaman Banyuwangi”.

Tenaga kerja perempuan merupakan perempuan dewasa yang melakukan kegiatan ekonomi untuk memperoleh atau membantu memperoleh pendapatan dengan mengandalkan kemampuan dan keahlian agar dapat memenuhi kebutuhan hidup. Inovasi produk adalah menciptakan produk baru yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga muncul minat beli terhadap produk tersebut, yang diharapkan dapat direalisasikan terhadap keputusan pembelian. Desain atau bentuk produk merupakan atribut yang sangat penting untuk mempengaruhi konsumen, agar konsumen tertarik dan kemudian membelinya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu, 1) Bagaimana peran tenaga kerja perempuan pada inovasi desain produk anyaman di home Industry “Anyaman Banyuwangi”? 2) Bagaimana inovasi desain produk anyaman di home Industry “Anyaman Banyuwangi”?
Tujuan Penelitian 1) Untuk mengetahui peran tenaga kerja perempuan pada inovasi desain produk anyaman di home Industry “Anyaman Banyuwangi”. 2) Untuk mengetahui inovasi desain produk anyaman di home Industry “Anyaman Banyuwangi”.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif yang menggunakan jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitian dilakukan di Anyaman Banyuwangi yang berada di Jalan Hasan Muradi, Jalen Parungan, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi. Penentuan subjek penelitian sebagai informan dengan menggunakan Purposive dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Penelitian ini menghasilkan 1) Peran perempuan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga melalui home industry Anyaman Banyuwangi dengan menginovasi produk tas anyaman yang di produksi oleh home industry “Anyaman Banyuwangi” dengan ide dan kreatifitas yang dimiliki oleh pemilik home industry “Anyaman Banyuwangi” maupun penganyam, sehingga menghasilkan produk yang menarik dan memiliki keunikan dari produk tas anyaman yang dihasilkan. 2) Inovasi yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk, Inovasi varian produk untuk menciptakan produk baru, Inovasi terhadap gaya dan desain produk di home industry “Anyaman Banyuwangi”.

Kata Kunci: Tenaga Kerja Perempuan , Inovasi Produk, dan Desain

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Mega Saputri
Date Deposited: 27 Jun 2023 00:41
Last Modified: 27 Jun 2023 00:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24691

Actions (login required)

View Item View Item