Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Di SMP Negeri 1 Umbulsari Tahun Pelajaran 2021/2022

Winedar, Ihza Rizky (2022) Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Di SMP Negeri 1 Umbulsari Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ihza Rizky Winedar_T201810035.pdf

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini karena adanya kesulitan yang dialami oleh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Umbulsari dalam memahami mata pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena siswa merasa bosan dan menganggap pelajaran IPA merupakan pelajaran yang monoton karena guru sering kali menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran, hal tersebut menyebabkan motivasi belajar siswa rendah dan berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Solusi dari penelitian ini yaitu peneliti menawarkan penggunaan model pembelajaran problem solving untuk diterapkan kepada siswa pada proses pembelajaran. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1)Bagaimana langkah-langkah model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Umbulsari? 2)Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran problem solving pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Umbulsari? Tujuan penelitian ini adalah : 1)Untuk mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Umbulsari, 2)untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran problem solving pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Umbulsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian Kemmis & Mc. Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, melaksanakan pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Umbulsari yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, tes tertulis, dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut : 1) dalam penerapan model pembelajaran problem solving terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dari pra siklus hingga siklus II dengan tahapan identifikasi masalah, mendefinisikan masalah, mencari solusi, melaksanakan strategi, mengkaji kembali dan mengevaluasi pengaruh. Peningkatan ini bisa dibuktikan dengan persentase motivasi belajar pada pra siklus yang semula hanya 50,92% mengalami kenaikan persentase menjadi 67,08% pada siklus I, dan persentase terakhir pada siklus II mencapai 87,88%. 2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya yang dapat dibuktikan dengan persentase hasil post test siswa yang meningkat. Pada siklus I hasil belajar siswa memperoleh persentase sebesar 60% dengan banyak siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 21, sedangkan pada siklus II mengalami banyak peningkatan persentase menjadi 94,28% dengan banyak siswa yang tuntas sebesar 33 siswa. Sehingga pada siklus II ini dinyatakan berhasil karena nilai siswa sudah mencapai kriteria keberhasilan yang telah disepakati sebelumnya sebesar 75%.
Kata kunci: problem solving, motivasi belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029901 Biological Physics
02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029902 Complex Physical Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ihza Rizky Winedar
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:23
Last Modified: 06 Jul 2023 02:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24693

Actions (login required)

View Item View Item