Pembinaan Anak Jalanan Dengan Konseling Kelompok Melalui Program Keterampilan di Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo

nur fadilah, indri (2023) Pembinaan Anak Jalanan Dengan Konseling Kelompok Melalui Program Keterampilan di Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
INDRI NUR FADILAH D20183067 WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembinaan Anak Jalanan Dengan Konseling Kelompok Melalui Program Keterampilan Di Dinas Sosial Kab. Probolinggo.
Kata Kunci: Pembinaan, Konseling Kelompok, Anak Jalanan, Dinas Sosial
Penanganan terhadap anak jalanan merupakan salah satu tugas Dinas Sosial sebagai lembaga negara yang dibentuk sebagai kaki tangan untuk mendistribusikan kesejahteraan kepada maasyarakat. Salah Satunya adalah Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo yang mengembangkan pembinaan anak jalanan melalui program keterampilan yang ditujukan sebagai bentuk penanganan terhadap problematika anak jalanan yang angkanya masih tinggi di Kabupaten Probolinggo.
Penelitian ini berfokus pada tiga fokus penelitian yang telah dirumuskan yaitu: 1) Bagaimana pembinaan anak jalanan dengan konseling kelompok melalui program keterampilan di Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo?, 2) Bagaimana program keterampilan yang diberikan dalam pembinaan anak jalanan oleh Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo?, 3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan anak jalanan dengan konseling kelompok melalui program keterampilan di Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode pendekatan kasus dengan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian berada di Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo dengan penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan prosedur analisa yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian dari penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Pembinaan anak jalanan terklasifikasikan ke dalam dua bentuk pembinaan yaitu: Pertama adalah pembinaan dalam bentuk keterampilan yang diwujudkan melalui program keterampilan berupa pengajaran dengan jenis pendidikan atau pengajaran vokatif. Kedua adalah pembinaan mental dan psikologis yang diwujudkan melalui pemberian konseling secara kelompok. Dua bentuk pembinaan yang dilakukan oleh Dinsos Kabupaten Probolinggo diinisiasikan untuk saling mendukung satu sama lain; 2) Keterampilan yang diberikan dalam program keterampilan bagi anak jalanan terbagi menjadi empat yaitu; pertama, keterampilan personal. Kedua, keterampilan sosial. Ketiga, keterampilan akademis. Keempat, keterampilan vokatif; 3) Faktor tersebut terklasifikasikan pada empat aspek yaitu psikologis, sosial, motivasi dan minat. Sementara faktor pendukung pada saat diterapkannya koseling kelompok dalam program keterampilan di Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo adalah mentor yang diberikan tanggungjawab untuk mengisi materi konseling kompeten, pihak dinsos memberikan dukungan dan memfasilitasi, kemudian anak jalanan juga menyimak dengan baik dan mau mengikuti proses konseling secara seksama. Dan faktor penghambatnya berupa adanya perbedaan motivasi atau harapan yang dimiliki oleh anak jalanan. Kemudian dari beberapa anak jalanan juga terdapat beberapa personal yang tertutup sehingga dalam proses interaksi saat konseling kelompok dilaksanakan menjadi tidak maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130107 Te Whariki (Maori Early Childhood Education)
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169903 Studies of Asian Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Indri Nur Fadilah
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:44
Last Modified: 27 Jun 2023 02:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24704

Actions (login required)

View Item View Item