Mengarusutamakan Moderasi di Tengah Pluralitas Bangsa: Studi Pemikiran Said Nursi dan Gerakan Risalah Nur di Indonesia

Muhammad Faiz, Muhammad Faiz (2023) Mengarusutamakan Moderasi di Tengah Pluralitas Bangsa: Studi Pemikiran Said Nursi dan Gerakan Risalah Nur di Indonesia. Akademia Pustaka, Tulungagung. ISBN 978-623-5419-62-6

[img] Text
BUKU; Mengarusutamakan Moderasi - Muhammad Faiz.pdf

Download (2MB)

Abstract

Buku yang penulis beri judul “Mengarusutamakan Moderasi di Tengah Pluralitas Bangsa; Studi Pemikiran Said Nursi dan Gerakan Risalah Nur di Indonesia” berupaya untuk menyelami samudera pemikiran Said Nursi yang telah menghasilkan magnum opus-nya yang fenomenal Risalah Nur yang pada tahun 1960 telah dicetak dan disebarkan di Turkiye secara khusus. Beberapa dekade kemudian, Risalah Nur telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 150 bahasa dunia, termasuk Indonesia.
Bersamaan dengan gelombang pembaca Risalah Nur yang terus bertambah di seluruh dunia, menjamurlah pusat-pusat studi tentang pemikiran Said Nursi dan karyanya ini. Baik tumbuh secara kultural dan non formal, seperti munculnya dershane semacam basecamp bagi murid-murid Nursi (Thullabun Nur) yang biasanya dikelola oleh komunitas Turkiye para murid dan pembaca dari negeri asalnya. Di sisi yang lain perkembangan beberapa tahun terakhir turut muncul corner (pojok baca) di beberapa PTKIN/PTKIS di Indonesia.
Said Nursi Corner ini merupakan buah dari kerjasama aktif perguruan tinggi di Indonesia dengan Istanbul Foundation for Science (IFSC) Turkiye yang merupakan NGO internasional yang dikembangkan oleh para murid Said Nursi. IFSC kemudian menunjuk para delegasi (dai) yang sebelumnya di kirim ke Indonesia untuk mendesiminasikan pemikiran Said Nursi dan mengenalkan karyanya Risalah Nur menjadi eksekutor kerjasama.
Untuk kasus di UIN KHAS Jember, Said Nursi Corner telah berdiri sejak 17 Oktober 2019 melalui nota kerjasama (MoU) yang ditandatangani oleh Rektor, Prof. Dr. Babun Suharto dengan Hasbi Sen, M.Hum., ketua pembina yayasan Nur Semesta Jakarta, sebagai perwakilan dari pihak IFSC. Corner di UIN KHAS ditempatkan di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora.
Kehadiran buku ini penulis harapkan bisa menjadi alternatif bacaan mengenai pemikiran tokoh intelektual dalam dunia Islam kontemporer yang mempunyai spektrum luas dan kontributif bagi peradaban Islam kontemporer. Akhir kata penulis menyampaikan ribuan terima kasih kepada segenap pihak yang telah membuka kesempatan lebar bagi penulis dari sejak memulai penelitian, menjalankan penelitian, hingga menuliskannya ke dalam buku kecil ini.

Item Type: Book
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220207 History and Philosophy of the Humanities
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220209 History of Ideas
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Muhammad Faiz
Date Deposited: 27 Jun 2023 00:59
Last Modified: 27 Jun 2023 00:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24706

Actions (login required)

View Item View Item