Folding Back Siswa Kelas IX SMPN 1 Panti dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Berdasarkan Langkah Polya

Rahmah Rhusandy, Camelia Nailul (2023) Folding Back Siswa Kelas IX SMPN 1 Panti dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Berdasarkan Langkah Polya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Camelia Nailul Rahmah Rhusandy_T20197093.pdf

Download (37MB)

Abstract

Camelia Nailul Rahmah Rhusandy, 2023: Folding Back Siswa Kelas IX SMPN 1 Panti dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Berdasarkan Langkah Polya.
Kata Kunci: Folding Back, Penyelesaian Masalah, Persamaan Kuadrat.

Pemahaman matematis menjadi salah satu kemampuan dasar pada pembelajaran matematika yang harus dikuasai oleh siswa. Pemahaman ini dapat tergambar dari konsep folding back yang berupa seperti lapisan pemahaman dengan proses berpikir siswa dengan beberapa tahapannya. Adapun beberapa lapisan dalam folding back adalah primitive knowing, image making, image having, property noticing, formalizing, observing, structuring, dan investising. Kemudian, pemahaman ini tidak cukup sebatas abstraksi belaka namun juga dapat terimplikasikan dengan pemecahan masalah matematika yang dapat ditinjau dari tahapan pemecahan masalah Polya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana folding back siswa dengan kemampuan matematis rendah dalam menyelesaikan masalah persamaan kuadrat berdasarkan langkah Polya ? 2) Bagaimana folding back siswa dengan kemampuan matematis sedang dalam menyelesaikan masalah persamaan kuadrat berdasarkan langkah Polya ? 3) Bagaimana folding back siswa dengan kemampuan matematis tinggi dalam menyelesaikan persamaan kuadrat berdasarkan langkah Polya ?
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang fokus pada analisis deskripsi subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes dan wawancara. Pengambilan data dilakukan dengan pemilihan enam subjek berdasarkan tingkat kemampuannya dengan masing-masing dua siswa berkemampuan rendah, sedang, dan tinggi dari penilaian hasil belajar yang ditunjukkan pada UTS subjek. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan tahapan Miles dan Huberman yaitu mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada keabsahan data, penelitian ini menerapkan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Subjek berkemampuan rendah, sedang, dan tinggi masing-masing memiliki kemampuan yang berbeda dalam menyelesaikan soal berbasis masalah yang telah diberikan. 2) Subjek berkemampuan rendah, sedang, dan tinggi hanya dapat mencapai level pemahaman terluar sampai tahap Formalizing dengan beberapa tahapan kembali ke lapisan yang lebih dalam seperti kembali pada lapisan Primitive Knowing dan lain sebagainya. 3) Jika ditinjau dari langkah pemecahan masalah Polya subjek berkemampuan rendah, sedang, dan tinggi hanya sampai pada langkah Pelaksanaan Strategi Pemecahan Masalah dan belum sampai pada tahapan yang paling akhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Camelia Nailul Rahmah Rhusandy
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:11
Last Modified: 27 Jun 2023 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24709

Actions (login required)

View Item View Item