Hubungan Iklim Kelas Dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas VII di SMP Darussyafa’ah Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022

Fitriani, Nurma (2023) Hubungan Iklim Kelas Dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas VII di SMP Darussyafa’ah Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NURMA FITRIANI_T20189014.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nurma Fitriani, 2022: Hubungan Iklim Kelas Dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Darussyafa’ah Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Iklim Kelas, Hasil Belajar
Kurangnya interaksi dan keterampilan guru dalam menguasai iklim kelas mengakibatkan proses pembelajaran didalam kelas khususnya pelajaran IPS masih kurang maksimal, sehingga menjadi masalah besar bagi peserta didik. Mata pelajaran IPS identik dengan mata pelajaran yang sulit dipahami karena materi didalamnya banyak. Dengan hal ini keadaan suasana kelas menjadi membosankan dan berdampak pada hasil belajar yang kurang maksimal yang di sebabkan kurangnya semangat belajar peserta didik. Dengan ini perluh adanya hubungan interaksi yang positif antara pendidik dengan peserta didik atau hubungan antara peserta didik dengan peserta didik yang menjadi ciri khusus dari kelas yang mempengaruhi hubungan proses belajar mengajar didalam kelas.
Rumusan masalah ini adalah: 1) Apakah ada hubungan antara iklim kelas dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Darussyafa’ah Genteng Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara iklim kelas dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Darussyafa’ah Genteng Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022.
Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini ada seluruh jumlah siswa kelas VII di SMP Darussyafa’ah, pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan Proportional random sampling yakni pengambilan sampel dilakukan yang dimana semua anggota mempunyai kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel yakni kelas VII C dan Kelas VII D. Instumen yang digunakan penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, sedangkan Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan penelitian Teknik statistik deskriptif dengan uji hipotesis menggunakan uji korelasi product momen dan korelasi sederhana.
Berdasarkan hasil diagram lingkaran menunjukan bahwa iklim kelas, kelas VII C di SMP Darussyafa’ah Genteng Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022 masuk pada presentase 47% dengan kategori baik. Untuk hasil belajar Berdasarkan hasil diagram lingkaran yang telah dibuat oleh peneliti menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas VII C ini masuk pada presentase 84% dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk iklim kelas kelas VII D Berdasarkan hasil diagram lingkaran yang telah dibuat oleh peneliti menunjukan bahwa iklim kelas VII D ini masuk pada presentase 50% dengan kategori cukup. Dan berdasarkan hasil diagram lingkaran yang telah dibuat oleh peneliti menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas VII D ini masuk pada presentase 68% dengan kategori kurang. Dan untuk uji hipotesis ditemukan hasil rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,555 > 0,308. Yang artinya bahwa koefisien korelasi tersebut signifikan, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa “Terdapat hubungan iklim kelas dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Darussyafa’ah Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: nurma fitriani
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:08
Last Modified: 27 Jun 2023 02:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24710

Actions (login required)

View Item View Item