Pembentukan Karakter Religius Santri Melalui Progam Tahfidz Al-Qur'an di Pondok Pesantren Modern Al-Mukhtar Watukebo Ambulu Jember

Periwi, Difakhrizani Laily (2023) Pembentukan Karakter Religius Santri Melalui Progam Tahfidz Al-Qur'an di Pondok Pesantren Modern Al-Mukhtar Watukebo Ambulu Jember. Masters thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
DIFA CANTIK_merged-1.pdf

Download (13MB)

Abstract

Difakhrizani Laily Pertiwi,2023 “Pembentukan Karakter Religius Santri Melalui Program Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern Al-Mukhtar Watukebo – Ambulu – Jember” Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Prof.Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd.I., Pembimbing II: Prof.H.Dr. Aminullah, M.Ag.
Kata Kunci : Tahfidz Al-Qur’an, Karakter Religius
Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Upaya Pondok Pesantren Modern untuk meminimalisir degradasi iman santri akibat dampak negatif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi IPTEK pada pendidikan di Pondok Pesantren Modern perlu diadakannya progam yang dapat meningkatkan karakter religius santrinya. Pondok Pesantren Modern Al-Mukhtar Watukebo adalah pesantren yang memiliki progam unggulan Tahfidz Al-Qur’an dengan menghafal ayat dan maknanya, karakter yang baik dapat di aplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Fenomena dipesantren melatarbelakangi peneliti melakukan penelitian secara langsung bahwa ada kaitannya antara program tahfidz dengan pembentukan karakter religius seorang santri.
Fokus penelitian ini : 1) Bagaimana tahap pengenalan pembentukan karakter religious santri melalui progam tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern Al-Mukhtar Watukebo-Ambulu-Jember. 2) Bagaimana tahap pemahaman pembentukan karakter religious santri melalui progam tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern Al-Mukhtar Watukebo-Ambulu-Jember. 3) Bagaimana tahap penerapan pembentukan karakter religious santri melalui progam tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern Al-Mukhtar Watukebo-Ambulu-Jember. 4) Bagaimana tahap reflktif pembentukan karakter religious santri melalui progam tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern Al-Mukhtar Watukebo-Ambulu-Jember.
Tujuan penelitian ini : 1) Mendeskripsikan tahap pengenalan pembentukan karakter religious santri melalui progam tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern Al-Mukhtar Watukebo-Ambulu-Jember. 2) Mendeskripsikan tahap pemahaman pembentukan karakter religious santri melalui progam tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern Al-Mukhtar Watukebo-Ambulu-Jember. 3) Mendeskripsikan tahap penerapan pembentukan karakter religious santri melalui progam tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern Al-Mukhtar Watukebo-Ambulu-Jember. 4) Mendeskripsikan tahap reflktif pembentukan karakter religious santri melalui progam tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern Al-Mukhtar Watukebo-Ambulu-Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Modern Al-Mukhtar Watukebo Ambulu Jember. Kehadiran peneliti langsung berada di lapangan penelitian. Sumber data primer diperoleh dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumen analisis. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui berbagai sumber selain dari sumber primer seperti literatur pustaka, penelitian terdahulu, dan sumber dari berbagai media. Subyek penelitian dipilih secara purposive. Analisis data menggunakan analisis interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari empat langkah yaitu koleksi data, kondensasi, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian ini menemukan : 1) Program tahfidz Al-Qur’an terbukti membentuk karakter religius santri di Pondok Pesantren Al-Mukhtar Watukebo-Ambulu-Jember melalui tahap pengenalan dilakukan melalui pengenalan terhadap peraturan tertulis dan tidak tertulis sebagai rambu-rambu agar santri tidak melakukan perbuatan yang menyimpang. 2) Program tahfidz Al-Qur’an terbuktii membentuk karakter religius santri di Pondok Pesantren Al-Mukhtar Watukebo-Ambulu-Jember melalui tahap tahap pemahaman dalam dilaksanakan dengan cara mengkaji ayat-ayat pilihan yang telah dibuat oleh tim pondok. 3) Program tahfidz Al-Qur’an terbukti membentuk karakter religius santri di Pondok Pesantren Al-Mukhtar Watukebo-Ambulu-Jember melalui tahap penerapan dilakukan dengan cara pembiasaan sesuai dengan jadwal, hal ini membuahkan kedisiplinan santri. 4) Program tahfidz Al-Qur’an terbukti membentuk karakter religius santri di Pondok Pesantren Al-Mukhtar Watukebo-Ambulu-Jember melalui tahap reflektif dilakukan melalui kajian dengan menghadirkan tokoh-tokoh lokal, mengadakan kajian tafsir, pemberian nasihat kepada santri yang melanggar peraturan dan memberikan hukuman dan ganjaran sesuai perbuatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Difakhrizani Laily Pertiwi
Date Deposited: 27 Jun 2023 01:28
Last Modified: 27 Jun 2023 01:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24711

Actions (login required)

View Item View Item