RESPON SISWA TERHADAP MODEL MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MTS TARBIYATUL IHSAN HARJOMULYO SILO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Salsabila, Muhita (2023) RESPON SISWA TERHADAP MODEL MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MTS TARBIYATUL IHSAN HARJOMULYO SILO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
MUHITA SAL SABILA T20191354 watermak.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Muhita Salsabila, 2023: Tanggapan Siswa Terhadap model pembelajaran make a match dalam Pembelajaran al-Qur’an Hadis di Mts Tarbiyatul Ihsan Harjomulyo Silo Jember
Kata kunci: tanggapan siswa, model pembelajaran, make a match, al-Qur’an Hadis
Metode pembelajaran kooperatif, khususnya model make a match, dapat meningkatkan kerja sama, komunikasi, dan pemahaman siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran, metode ini digunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran al-Qur'an Hadits yang sebelumnya dianggap membosankan dan kurang menarik bagi siswa. Dengan menerapkannya, siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik, meningkatkan keterampilan sosial, dan mengembangkan keterampilan komunikasi serta kerja sama. Namun beberapa siswa juga tidak fokus belajar dengan menggunakan model ini.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana tanggapan siswa terhadap model make a match dalam pembelajaran al-Qur'an Hadis di MTs Tarbiyatul Ihsan Harjomulyo Silo Jember? 2). Apa kelebihan dan kekurangan penggunaan model make a match dalam pembelajaran al-Qur'an Hadis di MTs Tarbiyatul Ihsan Harjomulyo Silo Jember menurut tanggapan siswa?
Tujuan penelitian ini adalah: 1). Menganalisis tanggapan siswa terhadap model pembelajaran make a match dalam pembelajaran al-Qur'an Hadits di MTs Tarbiyatul Ihsan Harjomulyo Silo Jember, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas model pembelajaran tersebut dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi al-Qur'an Hadis.2). Menganalisis kelebihan dan kekurangan penggunaan model make a match dalam pembelajaran al-Qur'an Hadits di MTs Tarbiyatul Ihsan Harjomulyo Silo Jember menurut tanggapan siswa, dengan tujuan untuk memberikan rekomendasi bagi pengembangan model pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi al-Qur'an Hadis.
Penelitian ini merupakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bersifat eksploratif, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, Teknik analisis data yang dilakukan adalah pengumpulan data, Menentukan jenis analisis data, Meninjau ulang data yang terkumpul, Mengidentifikasi tema-tema penting, Menyajikan temuan.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa 1) Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran "make a match" di MTs Tarbiyatul Ihsan Harjomulyo Silo Jember sangat positif. Mereka merasa gembira, tertarik, dan menganggapnya lebih efektif dalam menghafal dan memahami materi. 2). Kelebihan model pembelajaran ini meliputi proses belajar yang aktif dan inovatif, kolaborasi alami antara siswa, kemudahan penerapan, dan daya serap siswa yang maksimal. 3). Kekurangan model pembelajaran ini meliputi investasi waktu dan dana yang lebih signifikan untuk persiapan pembelajaran, perlunya pengawasan dan bimbingan yang lebih mendalam, serta keterlibatan aktif semua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Muhita Salsabila
Date Deposited: 27 Jun 2023 06:51
Last Modified: 27 Jun 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24726

Actions (login required)

View Item View Item