Metode Modelling The Way dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Bab Salat Jama' dan Qashar pada Siswa Kelas VII B di MTs Darul Huda Ambulu Jember Tahun Ajaran 2022/2023

Rizqi, Munazdiroh (2023) Metode Modelling The Way dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Bab Salat Jama' dan Qashar pada Siswa Kelas VII B di MTs Darul Huda Ambulu Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI RIZQI MUNAZDIROH watermak.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Rizqi Munazdiroh, 2023: “Metode Modelling The Way dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Bab Salat Jama’ dan Qashar Pada Siswa Kelas VII B Di MTs Darul Huda Ambulu Jember Tahun Ajaran 2022/2023.”

Kata Kunci: metode modelling the way, hasil belajar, fikih

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya peserta didik yang kurang fokus dan kurang bergairah dalam proses pembelajaran, yang disebabkan oleh guru yang mengajar dengan monoton, sehingga hasil belajar peserta didik kurang maksimal. Mengingat dalam pembelajaran fikih bukan hanya mengandalkan teori saja akan tetapi banyak bab yang harus dimodelkan oleh guru lalu diamati peserta didik supaya peserta didik dapat paham dan bergairah dalam pembelajaran, seperti bab salat, wudhu, mensucikan najis dll. Oleh karena itu penerapan metode modelling the way menjadi solusi yang tepat dalam menghadapi proses pembelajarn pada saat ini. Hal ini pula yang dilakukan oleh guru fikih dalam menerapkan metode modelling the way sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Fokus penelitian yang diteliti didalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode modelling the way pada mata pelajaran fikih bab salat jama’ dan qashar pada siswa kelas VII B di MTs Darul Huda Ambulu Jember Tahun Ajaran 2022/2023? 2) Bagaimana metode modelling the way dalam meningkatkan hasil belajar fikih bab salat jama’ dan qashar pada siswa kelas VII B di MTs Darul Huda Ambulu Jember Tahun Ajaran 2022/2023? 3) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat metode modelling the way dalam mata pelajaran fikih bab salat jama’ dan qashar pada siswa kelas VII B di MTs Darul Huda Ambulu Jember Tahun Ajaran 2022/2023?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teori Miles, Huberman dan Saldana. Terakhir untuk membuktikan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian: (1) Penerapan modelling the way diawali dengan mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan terlaksananya metode modelling the way, seperti membuat RPP terlebih dahulu, media papan tulis yang digunakan pada saat pembelajaran berlangsung, materi inti dan bahan ajar lainnya. Pelaksanaannya diawali dengan pembukaan dan diakhiri dengan penutup maupun doa. Penilaiannya meliputi aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik. (2) Modelling the way dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dapat dilihat dari seberapa besar nilai pengetahuannya untuk aspek kognitif, dapat dilihat dari sikap atau prilaku peserta didik pada saat pembelajaran untuk aspek afektif, dan dapat dilihat dari kreativitas peserta didik dan kesesuaian materi yang disampaikan untuk aspek psikomotorik. (3) Faktor pendukung terdiri dari terdiri dari guru, fokus dan aktifnya peserta didik, materi pembelajaran, penggunaan kurikulum K13 dan sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambat yakni memerlukan kesiapan dan perencanaan yang matang disamping memerlukan waktu yang cukup panjang, selain itu juga dari gurunya sendiri yang harus bekerja lebih professional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Rizqi Munazdiroh
Date Deposited: 27 Jun 2023 06:49
Last Modified: 27 Jun 2023 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24727

Actions (login required)

View Item View Item