Intensitas Bermain Game Online Oleh Siswa Berprestasi Kelas V dan VI di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) 01 KH. Shiddiq Jember

Dewi, Cicy Irana (2021) Intensitas Bermain Game Online Oleh Siswa Berprestasi Kelas V dan VI di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) 01 KH. Shiddiq Jember. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Cicy Irana Dewi_D20161052.pdf

Download (6MB)

Abstract

Game Online merupakan aplikasi hiburan yaitu sebuah permainan yang terhubung dengan jaringan internet. Saat ini game online sedang ramai digunakan oleh masyarakat disemua kalangan usia, baik muda maupun dewasa. Game online sendiri dapat dimainkan di handphone masing-masing orang, selagi perangkat handphone tersambung dengan internet. Di zaman yang sudah maju seperti saat ini banyak anak-anak muda yang sudah menggunakan dan bermain aplikasi game online. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana intensitas bermain game online oleh siswa berprestasi kelas V dan VI di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) 01 KH. Shiddiq Jember? 2) Apa dampak dari intensitas bermain game online oleh siswa berprestasi kelas V dan VI di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) 01 KH. Shiddiq Jember? Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui intensitas bermain game online oleh siswa berprestasi kelas V danVI di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) 01 KH. Shiddiq Jember. 2) Untuk mengetahui dampak dari intensitas bermain game online oleh siswa berprestasi kelas V dan VI di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) 01 KH. Shiddiq Jember. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sementara untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara secara online serta dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dalam uji keabsahan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, siswa-siswa berprestasi kelas V dan VI dapat menghabiskan waktu 1 sampai 3 jam untuk bermain game online. Jenis game online yang paling sering digunakan para siswa ialah game dengan jenis Person Shotter Games yang artinya peperangan dan jenis Real Time Strategy yang artinya permainan strategi. Adapun waktu yang dihabiskan para siswa berprestasi untuk belajar yaitu 2 sampai 3 jam dalam sehari, ditambah dengan kegiatan- kegiatan para siswa saat dirumah seperti olahraga, mengaji dan membantu orang tua. Selain itu, terdapat dampak yang dirasakan oleh para siswa berprestasi dari intensitas bermain game online yaitu: dampak positif seperti meningkatkan semangat belajar, meningkatkan konsentrasi berfikir, membangun kerjasama yang baik, sebagai hiburan penghilang penat. Sedangkan dampak negatifnya seperti lupa waktu, mengganggu kesehatan, tidak peduli dengan sekitar dan boros. Keyword: Game Online, Prestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 28 Jul 2021 05:36
Last Modified: 28 Jul 2021 05:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2473

Actions (login required)

View Item View Item