Pengembangan Media Ular Tangga Pintar (UTAPI) pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas IV-B Sekolah Dasar Islam Saroja Surabaya

Rahmawati, Thania (2023) Pengembangan Media Ular Tangga Pintar (UTAPI) pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas IV-B Sekolah Dasar Islam Saroja Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
THANIA RAHMAWATI_T20194086.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan, Media, Ular Tangga Pintar (UTAPI), IPA
Penelitian pengembangan media permainan Ular Tangga Pintar (UTAPI) ini dilakukan sebagai respon terhadap kurangnya pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA khususnya materi energi di SD Islam Saroja Surabaya. Selain itu media permainan Ular Tangga Pintar (UTAPI) ini juga dapat mempermudah peserta didik dalam mengingat pembelajaran tentang materi energi.
Penelitian pengembangan media permainan Ular Tangga Pintar (UTAPI) ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan desain produk yang berupa media permainan Ular Tangga Pintar (UTAPI) pada Pembelajaran IPA di Kelas IV-B SD Islam Saroja Surabaya, 2) Untuk mengetahui kelayakan dari media permainan Ular Tangga Pintar (UTAPI) pada Pembelajaran IPA di Kelas IV-B SD Islam Saroja Surabaya.
Jenis penelitian yang akan digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan dua jenis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE dengan lima langkah pengembangannya, yaitu: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, 5) Evaluasi.
Hasil penelitian pengembangan media permainan Ular Tangga Pintar (UTAPI) dengan menggunakan metode ADDIE telah memenuhi kriteria dari uji coba beberapa ahli. Hasil uji coba ahli media menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 90%. Sedangkan kevalidan ahli materi sebesar 95% dan ahli pembelajaran sebesar 100%. Dari keseluruhan prosentase oleh validasi para ahli tersebut, maka dapat dihitung prosentase rata-rata yaitu sebesar 95% dengan kualifikasi valid dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010399 Numerical and Computational Mathematics not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mis Perpus Thania
Date Deposited: 27 Jun 2023 06:45
Last Modified: 27 Jun 2023 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24731

Actions (login required)

View Item View Item