Konsep Akad Wadi'ah Dalam Sistem Tabungan Hari Raya di Desa Sumber Tengah Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso

Devi, Yuliyanti (2023) Konsep Akad Wadi'ah Dalam Sistem Tabungan Hari Raya di Desa Sumber Tengah Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
DEVI YULIYANTI_S20182078.pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tabungan adalah sebuah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilaksanakan dengan ketentuan yang sudah disetujui diawal. Sebagaimana yang dilaksanakan di Desa Sumber Tengah Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso ada tabungan Hari Raya yang tidak sama dengan tabungan yang lain, karena tabungan ini akan diambil pada sebelum Hari Raya Idhul Fitrih tepatnya pada bulan Ramadhan. Selain itu, system yang digunakan dalam tabungan ini ialah menggunakan konsep akad Wadi’ah yad Dhamanah untuk mencapai keridhoan Allah SWT. Karena menurut penulis konsep akad tersebut sangat cocok diterapkan, dimana orang yang menerima titipan dana memperoleh atau mengambil keuntungan dari uang maupun barang yang diterimanya. Selain itu, dalam tabungan ini pihak pengelola memberikan bonus/hadiah diakhir periode tabungan berupa alat-alat rumah tangga. Jadi selain mendapat insentif dari hasil uang yang dititipkan, para anggota juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan hadiah diakhir periode tabungan.
Fokus penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Praktek tabungan Hari Raya di Desa Sumber Tengah Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso? 2) Bagaimana Konsep Akad Wadi’ah Dalam Sistem Tabungan Hari Raya di Desa Sumber Tengah Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso ?
Peneliti menggunakan penelitian Kualitatif Deskriptif dengan pendekatan empiris, yaitu menyajikan data lapangan dari penelitian sebagai sumber utama, seperti hasil wawancara dan observasi guna mengungkap persoalan tersebut secara mengakar dan menyeluruh. Dalam hal ini jenis penelitian yang penulis pakai adalah penelitian langsung ke lapangan (field research), yang betujuan untuk mengungkap kejadian yang tengah terjadi.
Hasi dari penelitian ini adalah : 1) praktek tabungaan Hari Raya di Desa Sumber Tengah Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso masih mengalami kendala pada pelayanan pada anggota yang berasal dari luar daerah Desa Sumber Tengah, sehingga mengakibatkan sebagian anggota yang dari luar daerah Desa Sumber Tengah tidak mengetahui secara jelas akad yang digunakan dalam tabungan ini. Sebagian dari mereka hanya mengetahui, bahwa dengan menabung disini akan mendapatkan keuntungan sebesar 10% diakhir periode tabungan. 2) pada prinsipnya akad wadi’ah tidak berkewajiban memberikan kompenasai pada anggota, meskipun demikian atas kebijakannya pihak penerima titipan memberikan bonus pada seuluruh anggota diakhir periode tabungan. dalam ketentuan akad wadi’ah pihak penerima titipan boleh memberikan kompensasi atau bonus dengan ketentuan imbalan atau bonus tidak ditetapkan diawal, namun dalam tabungan Hari Raya pada Usaha Simpan Pinjam Jaya Abadi menetapkan bonus atau imbalan diawal saat akad.

Kata Kunci : Konsep, Akad Wadi’ah, Tabungan Hari raya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012711 al-Wadi’ah (Penitipan Barang atau Modal)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: ms Devi Yuliyanti
Date Deposited: 30 Jun 2023 01:11
Last Modified: 30 Jun 2023 01:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24734

Actions (login required)

View Item View Item