REPRESENTASI MUSLIM GEN Z DALAM ONLINE DATING BUMBLE DI SURABAYA

Nabilah, Sulistyawati (2023) REPRESENTASI MUSLIM GEN Z DALAM ONLINE DATING BUMBLE DI SURABAYA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NABILAH SULISTYAWATI_D20191033.pdf

Download (3MB)

Abstract

Aplikasi kencan online sangat populer di berbagai belahan dunia. Terlebih sejak pandemi Covid-19 berlangsung, saat mobilitas fisik dibatasi, aplikasi kencan semakin banyak digunakan sebagai ruang alternatif untuk bersosialisasi dan mencari pasangan. Bumble adalah sebuah aplikasi kencan yang berbasis lokasi yang memfasilitasi komunikasi antar pengguna yang saling mengenal dan berminat di aplikasi ini. Dalam aplikasi Bumble, hanya pengguna perempuan yang dapat menjalin kontak pertama dengan para pengguna laki-laki yang dipasangkan.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apakah alasan muslim Gen Z menggunakan online dating Bumble? 2)Apa saja bentuk representasi muslim Gen Z selama berkenalan di online dating Bumble?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengungkapkan alasan yang mendasari muslim Gen Z dalam menggunakan online dating Bumble. 2) Mengungkapkan bahasa dan gambar yang dipetukarkan muslim Gen Z dalam berkomukasi di online dating Bumble.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara atau interview terhadap subjek penelitian.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa alasan muslim Gen Z menggunakan online dating Bumble yaitu selain mencari pasangan para penggunanyapun mencari teman dan relasi sesuai dengan kriterianya karena dalam aplikasi tersebut terdapat fitur yang menampilkan informasi diri sehingga para penggunanya bisa mencari kecocokan dengan lawan jenisnya dengan mudah. Representasi Muslim Gen Z dalam online dating Bumble merupakan bentuk presentasi diri sesuai yang diinginkan para penggunanya, sehingga dapat memperlihatkan atau menampilkan gambaran diri sebaik mungkin untuk mendapatkan pandangan positif dimata pengguna lain maupun lawan jenisnya. Dari hasil gambaran muslim Gen Z dalam mempresentasikan dirinya di aplikasi Bumble, peneliti melihat lingkungan online dating Bumble sangat berpotensi untuk para pengguna membuat dan menampilkan identitas diri mereka sebaik mungkin dan berbeda dengan identitas aslinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169901 Gender Specific Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nabilah Sulistya wati
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:01
Last Modified: 03 Jul 2023 04:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24741

Actions (login required)

View Item View Item